Japan Trip 5: Tour 5 Kota tanpa Itinerary (part 5 -end-)

Cerita sebelumnya: Part 1 / Part 2 / Part 3 / Part 4

Hahaha, lama amat ya nyelesaiin blognya… Semangat nulis agak on-off soalnya *alesan*. Baiklah, mari kita lanjut ke part 5 alias part terakhir dari perjalanan gue ke Jepang bulan Januari yang lalu. *drum rolls*

Kamis 12 Januari 2017

Jadwal hari ini adalah nonton konser Kanjani8 alias Eito! Setelah cek jam konsernya demi menghindari lari-lari di menit-menit menjelang gate tutup, gue & Wieny nyicil packing sambil sarapan santai di kamar. Tentunya sarapannya beli di konbini (convenience store) semalam karena kami nggak pilih opsi sarapan di hotel. *kere* Sarapan salmon salad & onigiri beli di konbini aja udah enak banget kok.

Fangirls renta nan santai ini pun baru keluar dari hotel jam 3-an, terus makan siang di Sukiya. Gue pilih nabe (hotpot) isi sayuran, daging & ceplokan telur mentah. Endeusss!

20170112_160854

Beres makan, kami ke Dotonbori lagi. Gue ke Tsutaya nyari titipan komik adik gue, si Wieny beli takoyaki. Waktu udah agak mepet tapi kami sempat-sempatnya mampir beli gantungan tas berbentuk bola bulu-bulu. Di kereta, banyak banget mbak-mbak, adik-adik, dan tante-tante Jepang yang juga mau nonton Eito. Gue kebelet pipis, dan ternyata toilet stasiun antreannya udah panjaaangg, haha..Padahal masih harus beli goods (makanya jangan mepet!).

Kelar urusan toilet, kami langsung ngibrit ke Osaka Kyocera Dome, dan pucet liat antrean goodsnya. Ada petugas yang mengamati antrean & nutup line kalo pembeli di area goods keliatan crowded. Untungnya kami berhasil masuk area goods tepat sebelum mas petugas nutup line antrean karena konser hampir dimulai. Masuk ke dome, kami masih sempat beli air mineral. Seat kami di lantai 3, dan gue rada pusing lihat ke bawah. Seatingnya juga sempit banget, jadi agak ngeri pas harus ngelewatin seat-seat yang udah terisi.

Konser Eito kali ini beda dengan konser-konser sebelumnya yang gue tonton di donlotan. Tapi suka sih, karena banyak sesi band-nya. Ada skit Eito Rangers dan sulap juga, hahaha..sesuai nama konsernya, Eightertainment. Salut juga ama mereka yang bisa nyiapin trik sulap yang kece. Lagu-lagunya hanya 50-60%  yang gue tahu, karena memang on-off ngikutin Eito. Senang banget pas mereka bawain It’s My Soul karena zaman itu gue lagi suka-sukanya ama Eito. Ryo-chan ternyata aslinya cakep banget! Lucu menggemaskan gitu deh walau kumisan. Yasu imut, Subaru untung rambutnya lagi bener (jadinya cakep), Yoko putih banget sampe kayak transparan, Maru fansnya ternyata BANYAK BANGET, Hina nge-lead MCnya oke banget, dan bias gue Tacchon…just being Tacchon. “My pace”, rewel, tapi gemesin. *eaaaa*

20170112_185417
Panggungnya cetar membahana, bisa muter 360 derajat, ada extensionnya, dan ada balon udara, jadinya member bisa dadah-dadah ke penonton di lantai 2 & 3.

Pulang konser ketemu Peku dan temennya (Dessy), lalu kami foto-foto..

20170112_215335_HDR
Kyocera Dome, CHECK! (feat light stick bentuk takoyaki. Lucu yaa)

Pulang konser, kami beli bento di konbini, sekalian beli sarapan untuk besok. Gue makan ebi dorrito, enaakk! Malam itu kami lanjut packing sampe tinggal sisa waktu 3 jam untuk tidur.

Jumat 13 Januari 2017

Bangun jam 3 pagi, mandi, final check barang-barang, terus sarapan. Jam 5 kami check out dari hotel dan bergegas ke stasiun karena flightnya jam 7.30 dan di Osaka Airport di Itami (OSA), bukan di KIX, alias belum pernah ke sana. Ga ada celah untuk nyasar! Alhamdulillah berhasil sampai di Itami walau sempet salah naik kereta sekali. Hahaha. Sempet ribet check in gara-gara gue masukin power bank di koper dan ternyata itu gak boleh. Buka lagi deh kopernya..padahal semalem nutupnya aja sekuat tenaga sampe harus didudukin dulu. Beres check in, gue lanjut sarapan di boarding lounge.

20170113_072232
Kenyang banget makan ini. Nasi kepal pake wijen, telur dadar & ayam goreng.

Di pesawat menuju Tokyo, saking ngantuknya, gue langsung tidur sampe landing. Setelah landing, kami ngaso dulu di Starbucks sambil recharge stamina dengan ngopi, sekalian gue beliin titipan tumbler. Nyalain hape, ternyata ada WA urgen dari kantor. Yaelah, lagian HRD bisa-bisanya ngasih deadline penilaian performance cuma seminggu dan pas di tanggal gue cuti =_= Setelah sejam-an ngurusin penilaian, kami bergegas cabut ke Chiba, mau ngunjungin restoran keluarga Aiba Masaki.

20170113_122047_HDR

20170113_124904
Kapan Indonesia punya parkiran sepeda seluas ini ya?

Tiba di stasiun Makuhari Hongo, kami langsung ke Keikarou, restoran China punya keluarga Aiba yang udah turun-temurun. Directionnya..gue lupa, hahaha. Tapi gampang ditemukan kok walau bukan di pinggir jalan besar. Sampai di sana, ternyata kami antrean kedua, di belakang fans China. Restorannya isinya fangirl semua deh kayaknya, haha..Masih ada yang bawa koper pascanonton konser pula. Beruntungnya, siang itu mama Aiba bertugas di kasir. Cantik banget dan mirip Aiba! Si tante ngambil menu dan nyamperin gue & Wieny, lalu dengan English terbata-bata beliau bilang sorry gak ada menu bahasa Inggris, jadi beliau mau jelaskan xD. Gue bilang bahasa Jepang juga gapapa kok, tapi si tante keukeuh pake bahasa Inggris. Ekspresinya pas bingung itu lucu bangeeettt mirip Aiba-chan XDDD Akhirnya kami pilih recommended menu of today, setelah meyakinkan kalo itu ga ada babinya (menunya salad, wakame miso soup, seafood dumpling, shrimp & lobster cream soup, ama puding wijen). Ternyata pas menunya dateng, saladnya campur sliced ham T^T Jadinya rempong deh nyingkirin ham-nya dulu baru bisa makan. Duh, lain kali kayaknya kudu jelasin sejelas-jelasnya kalo kami ga makan babi termasuk bacon & ham ^^;

20170113_140735
Restoran China House Keikarou dari luar. Tadinya di parkiran ada mobil fancy warna biru. Curiga mobilnya Aiba deh, hehe..

Selesai makan di Keikarou, kami memutuskan langsung balik ke Narita Airport. Tadinya mau ke Book Off dulu nyari CD second, tapi takut gak keburu. Kami pulang naik ANA, yang ternyata makanannya emang gak pernah mengecewakan. See you again, Japan…

20170113_141302

Japan Trip 5: Tour 5 Kota tanpa Itinerary (part 4)

Cerita sebelumnya:
Part 1
Part 2
Part 3

Selasa 10 Januari 2017

Tadinya jadwal hari ini adalah ke Universal Studios Japan (USJ). Terus, karena renta, gue & Wieny baru jalan dari hotel jam 10, padahal USJ buka jam 9 (dan tutup jam 6 sore). Dari hotel udah jalan ke stasiun Sakaisuji Hommachi, mendadak gue bilang ke Wieny, “Eh kayanya ke USJ-nya mending besok aja deh..Jam segini sayang, kesiangan.. Hari ini ke Kyoto aja.”

Wieny diam sejenak, lalu.. “OK deh.”

Ya, semudah itu kami ngubah itinerary XD

Kami pun langsung naik kereta menuju Kyoto Station. Tujuan jalan-jalan hari ini adalah ke Kiyomizu-dera, lalu mampir ke Arashiyama untuk beli payung Waterfront & furikake (semacam bumbu tabur) wijen. Sampai di Kyoto Station, kami melanjutkan perjalanan dengan bus. Tak lama, kami tiba di halte Kiyomizu apaan gitu, lalu turun dari bus & mengikuti orang-orang yang sudah jalan duluan. Dari bus stop ke Kiyomizu-dera cuma 10 menit, tapi jalannya nanjak! Baru setengah jalan, kami nemu restoran yang jual Kyoto beef cutlet. Gambarnya menarik banget, daging sapi dibungkus tepung & digoreng kering, tapi bagian tengahnya tetap mentah kayak steak medium. Karena udah lapar, yaudah kami langsung masuk. Random abis XD

20170110_125409_hdr
Nanjak teruuuss

20170110_131234

20170110_133920

Beef katsu-nya ternyata enaaaakkk!! Ada 6 jenis saus untuk celupan dagingnya. Ada wasabi, pepper & salt, Worchester sauce (kagak tau ini apaan), curry, soft boiled egg, dan grated yam. Empat saus yang pertama gratis, yang kelima & keenam itu extra option berbayar. Kami milih grated yam yang ternyata rasanya…hmm…aneh. Kayak talas putih lengket-lengket. Tapi gue suka sih. Harganya kalo ga salah 1200 yen.

Beres makan, ternyata di luar restoran udah antre. Wedew..untung makan duluan tadi. Kami lanjut jalan ke atas…dan akhirnya sampe juga. Berhubung gue udah sering ke kuil & istana *belagu*, jadi ya kesannya biasa aja. Mungkin karena winter juga, jadinya pepohonan gersang semua. Mungkin kalo ke sananya pas sakura mekar atau pas autumn bakal lebih bagus. Kiyomizu-dera juga lagi direnovasi, kabarnya sampai 2020. Tapi pas kami ke sana, The Great Hall-nya masih belum direnovasi sih. Puas jalan-jalan & foto-foto, kami  mampir juga ke air mancur alami di mana orang-orang pada antre. Iseng aja sih…Ternyata airnya segar 😀 Baca-baca, katanya banyak orang yang mengajukan permohonan pas minum air itu supaya urusannya lancar.

20170110_135342
Banyak banget orang Korea

20170110_142925_hdr20170110_151035
The Great Hall dari bawah

20170110_150042
Air mancur pelancar urusan (konon katanya)

Turun dari daerah kuil, gue nemu kios yang jual es krim CREMIA!!! Es krim paling enak yang pernah gue makan!! Tanpa ragu, gue & Wieny langsung beli. Hmmm enaaakk… Kami juga beli bakpau isi daging sapi & labu(?) yang terkenal gara-gara pernah muncul di acaranya TOKIO.

20170110_153020
My laff

Balik ke bus stop, gue melihat sign stasiun Kiyomizu Gojo. Akhirnya daripada naik bus balik ke stasiun Kyoto, kami memutuskan naik kereta ke Arashiyama aja (padahal ga tau rutenya wkwk). Di stasiun, gue nanya ke bagian informasi, gimana caranya kalo mau ke Arashiyama? Mbak dan Ibu bagian informasi kaget, karena udah kesorean. Setelah berkali-kali meyakinkan kalo kami cuma mau beli suvenir, akhirnya dikasih tau rute yang tercepat. Ternyata kami harus naik kereta 1 gerbong (jalur Randen Arashiyama), lucuuu macem trem gitu hehe. Turun di stasiun Arashiyama, udah jam 6 kurang. Stasiunnya terletak persis di tengah daerah pertokoan, syukurlah..Soalnya pas tahun 2015 gue ke Arashiyama, turunnya di stasiun Arashiyama jalur merah yang letaknya di tengah hutan. Gue masih ingat lokasi toko furikake & langsung beli 4 bungkus. Furikakenya ini campuran wijen, daun bawang & cabe. Rasanya enak & ga pedes. Cocok buat makan nasi. Kelar beli furikake, lanjut cari titipan temen-temen kantor gue yaitu payung Waterfront yang mungil & ringan. Gue tadinya mau beli snack bentuk segitiga yang isinya macem-macem & snack bentuk genteng (rasa kopinya enak!), eh toko snack udah pada tutup.. Yaudah deh, kelar belanja langsung balik lagi naik kereta Randen, transit di Omiya & naik kereta balik ke Osaka. Sebelum balik ke hotel, kami makan malam di Sukiya (lagi). Nasi tunanya enak!

20170110_172423
Kereta Randen

20170110_161452
Mengagumi pasangan jangkung yang cantik & ganteng ini dari belakang. Hari ini banyak yang pake kimono karena masih suasana tahun baru.

Rabu 11 Januari 2017

Bangun pagi karena mau ke USJ, yeay! Rencana jalan jam 8 karena USJ buka jam 9, tetep aja berangkatnya jam 9 kurang XD Sampai USJ alhamdulillah crowd-nya terlihat normal. Masuk gate, langsung ke bagian informasi untuk minta peta berbahasa Inggris, lalu langsung cusss  ke area The Wizarding World of Harry Potter. Ya, rencana ke USJ emang prioritasnya mau ke HP, sisanya liat sikon.

Memasuki area HP, uwaaaaa langsung doki-doki. Pohon-pohon cemara rimbun, replika mobil Ford Anglia biru yang ringsek, lalu gerbang Hogsmeade! Beneran kayak masuk ke dunia HP. Berhubung misi utama adalah naik wahana The Forbidden Journey, kami cuma sebentar foto-foto di depan, dan langsung ke kastil Hogwarts untuk antre. Lagi-lagi gue melongo liat replika kastilnya. Detail abis! Untungnya antrean ga begitu panjang, cuma 40 menit..jadinya ga sempat banyak memperhatikan detail interior kastilnya deh.

Di ujung antrean menuju ke wahana, banyak petugas berkostum Prefek menunjukkan jalan ke loker, di mana kita harus taruh tas, topi, kamera & hape karena barang-barang tsb ga boleh dibawa ke wahana. Setelah mengunci loker, pengunjung diarahkan untuk antre ke wahana. Gue rada deg-degan karena ada warning: this ride includes sudden rise, drop, backward, stop, & ga dianjurkan buat yang punya penyakit jantung, claustrophobia, atau takut gelap. Wedew…

20170111_103154

20170111_113020

Wahananya mirip Transformer yang pernah gue naikin di USS. Satu kompartemen isi 4 seat, pake pengaman dari bahu ke pinggang, lalu pake kaca mata 4D. Hahaha mampus deh…Ga lama kemudian, wahana mulai bergerak, hiyaaaahhh ternyata kita ceritanya naik sapu terbang bareng Harry dkk. Kita diajak ikut pertandingan quidditch, lalu tiba-tiba ketemu Dementor & dikejar-kejar sampai masuk ke kastil, ketemu uler siapa itu lah, terus ke hutan ketemu tarantula raksasa, kemudian ke air terjun. Semua scene yang ada di film HP. Oh ya, dialognya pake bahasa Jepang.

Keluar dari wahana The Forbidden Journey, kami langsung antre Flight of the Hippogriff, roller coaster kecil. Areanya merupakan replika area pondok Hagrid lengkap dengan motornya & hutan tempat dia melihara hewan-hewan gaib. Rollercoasternya lumayan seru ^^

Selesai main di 2 tempat, sasaran selanjutnya adalah nyobain Butterbeer! Minuman ini dijual dingin & panas, tempatnya bisa milih cup plastik biasa, gelas plastik, dan gelas kaleng. Harga butterbeer pake cup plastik 600 yen, pake gelas plastik 1100 yen, dan pake gelas kaleng 3000an yen (lupa pastinya). Gue pilih yang pake gelas plastik supaya bisa dikoleksi. Rasanya enak, mirip rootbeer AW tapi lebih light & butternya rich banget.

20170111_121815

Selesai ngaso sambil minum Butterbeer & makan potato chips, kami berkeliling masuk ke toko-toko. Tokonya juga disamain ama di novel, tapi berhubung gue ga ngefans-ngefans amat jadi yaa keluar masuk aja. Keluar masuk toko ini juga berbahaya karena berakhir dengan kami beli hoodie Ravenclaw & gantungan kunci yang cukup mahal XD Tadinya pengen beli syal Hufflepuff biar samaan ama abang Eddie, eh Newt *eaaaa*, tapi ga jadi karena toh di Jakarta ga kepake. Kami juga sempat masuk ke wahana Ollivander’s Wand Shop, di mana ada bule pemeran Prof Ollivander akting milihin tongkat. Dia milih satu anak kecil untuk nyoba efek tongkat. Cukup menghibur ^^

20170111_133204

20170111_132315
Cowo-cowo ini lagi videoin Mandrake nangis

Keluar dari area HP udah jam 2-an. Tadinya mau nunggu parade Triwizard Tournament tapi ternyata hari itu ga ada, adanya kemarin, hiks..Jadinya kami ngincer parade USJ REBOOOORN aja setelah makan siang. Niat makan di restoran di area HP kami urungkan karena 2 menu yang disajikan ada babinya =_=. Baca-baca peta, ada restoran lagi di area Hollywood. Menunya juga cuma 2: nasi & roasted chicken, satu lagi hamburger. Harganya mahal dan rasanya so-so.

Baru aja beres makan, paradenya mulaaaiii!! Wiiii seru banget, berbagai maskot lewat pake kereta-kereta parade, dari mulai Peanuts, Minion, Hello Kitty, Sesame Street & penari-penari banyak banget. Lagunya juga ear-catching & penonton diajak joget bersama ^^

untitled-1

Setelah ngikutin parade sekitar setengah jam, kami masuk wahana Terminator yang biasa aja, habis itu ke wahana Spiderman yang mirip Harry Potter. Sedihnya ga sempat ke wahana lain yang juga seru kayak Jurassic Park & JAWS. Maybe next time. Puas jalan-jalan & belanja, kami pun cabut dari USJ. Sebenarnya ada wahana Cool Japan, tapi belum buka.. Dibukanya tanggal 13 pas kami udah pulang T_T Wahana-wahana tsb antara lain Attack on Titan, Detective Conan, EVANGELION, dan Godzilla. Gilaaakk gue penasaran banget terutama EVANGELION. Bayangan gue sih kita naik wahana serasa ada di dalam EVA, lawan Angel. Huhu seru…

20170111_185742

Balik dari USJ, kami ada janji ketemu Risa yang emang kerja di Osaka. Tempat nongkrong yang dipilih adalah cafe L’Arc-en-Ciel. Yak dengan demikian sudah ketiga kalinya gue ke cafe ini. Makan malam omurice ditutup dengan fruits parfait. Tak lupa ngobrolin kebodohan salah lihat jam konser yang bikin Risa repot. Terima kasih Risa ^^

20170111_200007-1

(bersambung ke part 5)

Japan Trip 5: Tour 5 Kota tanpa Itinerary (part 3)

Cerita sebelumnya:
Part 1
Part 2

Minggu 8 Januari 2017

Hari ini ga ada itinerary selain nonton konser ARASHI. Berhubung stok baju mulai menipis, pagi itu gue & Wieny sibuk nyuci baju & nyicil packing karena besok pagi sudah harus cabut dari apartemen. Karena kami pikir konsernya jam 6 sore seperti konser di hari Jumat & Sabtu (which turned out to be VERY wrong), jam 13.30 kami baru cabut dari apartemen untuk ke mall lagi & makan siang di Tenjin. Karena mau ketemu para abang, kami full makeup & pake baju GUTS! yang emang sengaja dibuat waktu ikutan fan project ARASHI.

20170108_135011

Sampai di mall, gue membeli beberapa barang yang kemarin masih ragu untuk dibeli (dasar cewek!). Jam 3-an, Risa, temen Jepang yang bantu beli tiket, nelepon gue, ngasih tau kalo dia udah di venue. Dia nanya, “Kalian lagi di mana?”. Gue bilang lagi di mall & mau makan dulu. Risa langsung panik, “Konsernya jam 4 lho! Kalo ga jalan sekarang nanti ga keburu!”. Gue langsung mules.

“Wien…Konsernya jam 4 katanya.”

“Hah? Waduh kita kan belum makan siang.”

Gue buka LINE, lalu ngecek foto tiket dari Risa. Ternyata bener konsernya jam 4!! Saat itu udah mau jam setengah 4. Untungnya mall itu deket dari Fukuoka Dome, tapi kan tetep butuh jalan ke stasiun, keluar dari stasiun, ditambah jalan 1 km dari stasiun ke Dome. Gue kesel karena KOK BISA-BISANYA SEMALEM/TADI PAGI GA NGECEK JAM KONSER LAGI??? Mungkin karena Jumat-Sabtu konsernya jam 6, kami pikir Minggu juga sama…Akhirnya tanpa makan siang & tanpa beli bekal, kami ngibrit dari mall ke stasiun Tenjin. Naik kereta jam 15:38, sampe stasiun Tojinmachi sekitar 5 menit kemudian, abis itu jalan cepet ke luar stasiun. Kami berpapasan dengan beberapa fans yang juga telat. Keluar dari stasiun, gue ngasal aja nyetop taksi. Eh taksinya berhenti! Saking buru-burunya, kaki kiri Wieny sampe kejepit. Untung ga papa. Di dalam taksi, Risa nelpon gue lagi, nanya nanti masuknya lewat mana. Berhubung gue ga tau nama-nama gatenya, gue kasih aja hapenya ke bapak supir biar beliau yang jelasin. Turun dari taksi, Risa udah nunggu & langsung ngasih tiketnya. Kami kemudian sprint karena udah jam 15.55. Gue & Wieny harusnya masuk dari gate 7, Risa gate 1, dan kedua gate tsb agak di tengah. Risa ngajak belok kanan & lewat dalem biar cepet, tapi ternyata ga bisa XD Jadilah kami malah muterin 3/4 stadion…

Nyampe di gate 7 suasana udah sepi, tinggal beberapa fans yang lari-lari macem gue & Wieny. Nunjukin tiket, sempet kuatir ketauan (soalnya kami beli tiket resale karena ga menang ballot), untung petugasnya ga rese & bolehin masuk. Mau beli minum takut ga keburu karena belum cari kursi, yaudah kami pun masuk aja. Cari-cari nomor kursi, ternyata agak depan! Yeay! Tadinya sempet down karena dapet seatnya di tribun lantai 1, ternyata masih barisan depan. Baru aja duduk & buka jaket, lampu stadion langsung digelapkan & video opening diputar. Huwaaaa!!!

Biarpun udah sering nonton konser ARASHI di DVD, tetap aja yang namanya nonton langsung itu pengalamannya jauh lebih dahsyat. Bisa liat mereka dari dekat saat disorot & ga disorot kamera, interaksi dengan fans, bisa denger suara mereka bergema di stadion.. Gue rasa itulah nikmatnya nonton konser. Matsumoto Jun yang flawless, Aiba Masaki yang full senyum & ga berhenti menyapa fans dari ujung ke ujung, Sakurai Sho yang mukanya jutek kalo ga disorot (ku merasa jadi Do-M), Ohno Satoshi being Ohno Satoshi, dan bias favorit gue Ninomiya Kazunari yang ternyata mungil dan imut-imut, semuanya nyata gue saksikan dengan mata sendiri alias bukan lewat layar. Feel so happy that I’m alive. Konsernya sendiri bertajuk “Are You Happy?”, di mana gue belum denger albumnya kecuali lagu-lagu yang pernah ditampilkan di acara TV atau jadi OST drama, hahaha.. Tapi karena gue ngikutin ARASHI udah lumayan lama (sejak 2008), jadi yaaa tetap enjoy aja walau gue ga banyak tahu lagu baru. Stage performance mereka emang se-extraordinary yang gue saksikan di DVD. Di panggung utama ada stage hidraulik setinggi kira-kira 5 meter, kiri kanan depan ada catwalk, di ujung-ujung catwalk ada stage hidraulik lagi & di ujungn catwalk tengah ada mini stage. Belum lagi moving carts yang bergerak ke semua arah supaya semua penonton kebagian liat wajah mereka. Ada satu atraksi yang belum pernah gue liat, moving cart yang di atasnya ada mobil kap terbuka! Puas banget gue liat wajah-wajah mereka pas lewat di depan section kami.

Selain panggung, lighting konser ini juga canggih. Sebelum konser, penonton harus mensikronkan light stick dengan kursi. Di punggung kursi ditempel semacam chip, lalu kita hadapkan light stick ke chip itu & pencet tombol on. Beres deh, sepanjang konser nyalain aja light sticknya, nanti warna lampunya akan menyala sesuai yang diprogramkan. Takjub banget liat satu stadion warna light sticknya berubah-ubah sesuai lagu. Bahkan pas MC, warna-warna light stick membentuk tulisan Happy New Year, ARASHI, Are You Happy?, dsb. Gue pas nonton L’Arc-en-Ciel 2015 ga ngalamin pake synchronized light stick, karena mereka pake LS sekali pakai. Padahal 2014 mereka pake =_=

20170108_185623
(sebenernya ga boleh foto di dalam venue sama sekali) XD

20170108_193225
Fukuoka Yahoo Auction Dome, CHECK!!

20170108_193617_hdr

20170108_195918
Jalan kaki pun macet

Beres konser,  masih ada perjuangan antre masuk stasiun yang penuh fans Arashi yang sama-sama mau pulang. Di parkiran Dome udah disediakan bus-bus jemputan sih, tapi antrenya bikin malas. Jalan ke arah stasiun, massa dibagi 2 arah, tapi tetep aja penuh sesak. Nyampe Nakasu Kawabata, gue & Wieny lagi-lagi beli makan malam di konbini karena udah males cari restoran. Tadinya mau makan bareng Risa, ternyata dia udah pulang duluan ke hotel.

Senin 9 Januari 2017

Beres-beres, check out, lalu naik kereta menuju bandara. Next destination: Osaka! Kali ini kami naik Peach Air, yang harganya lebih murah daripada Shinkansen. Jatah koper cuma 20kg. Koper Wieny 22 kg, untungnya koper gue cuma 16 kg padahal udah full banget. Di jalan menuju boarding lounge, ada billboard JAL gede featuring ARASHI, ya kami foto-foto lah! Eh abis itu banyak cewek yang foto-foto juga. Nampaknya mereka juga sesama fans ARASHI yang mau balik ke kotanya.

Saking teparnya, gue tidur di sepanjang perjalanan dan bangun-bangun pas landing XD Sampe bandara KIX jam 2-an, kami langsung cari makan. Pengennya sih makan ramen halal, eh nemunya resto udon..yasudah lah. Udonnya enak! Dua manusia super nyantai ini baru jalan dari bandara jam 4-an dan nyampe hotel hampir jam 6 sore. Karena masih winter, jam segitu sudah gelap.

20170109_144823
Udon di restoran The Udon (Sanuki Udon), halal & enak~

Sampe di hotel, si Wieny ketiduran coba XD Jam 8-an kami baru jalan dari hotel ke…mana lagi selain Dotonbori, pusatnya kota Osaka. Gue mau cari titipan teman-teman, sekaligus belanja kosmetik. Sampe Dotonbori baru nyadar hape gue ketinggalan di hotel =_= Akhirnya gue berusaha mengingat-ingat titipan apa saja yang perlu dibeli. Kelar belanja kira-kira jam 10, restoran udah pada tutup & akhirnya kami makan di McD. Tentu saja gue nyobain menu yang ga ada di Indonesia, yaitu fillet-o-ebi. Enak!! Btw, pelayan di counter McD ada 1 orang yang di-assign untuk ngelayanin foreigner. Si pelayan ini mbak-mbak India, tapi bahasa Inggrisnya Jepang banget & ga fasih..Lah? Ini mah sama aja yang ngomong orang Jepang!

(bersambung ke part 4)

Japan Trip 5: Tour 5 Kota tanpa Itinerary (part 2)

Cerita sebelumnya (part 1) baca di sini

Jumat 6 Januari 2017

Bangun pagi ku terus mandi, abis itu laper..Berhubung semalem ga bisa nyalain kompor, gue & Wieny turun ke lantai 1, ke tempat obaasan (nenek) caretaker apartemen. Gue sekalian ambil router wifi sewaan dari CD Japan yang dikirim ke si pemilik apartemen. Udah 2x nih pake router dari CD Japan, oke banget harganya & kualitas barangnya. Router sewaan ini bisa dikirim ke kantor pos bandara, hotel, atau apartemen. Kalo minta dikirim ke apartemen airbnb, jangan lupa tulis nama si pemilik apartemen ya! Soalnya kalo tulis nama kita (pemesan), bisa jadi routernya ga akan terkirim alias dibalikin lagi ama tukang pos karena nama kita ga ada di daftar nama penduduk. Jangan lupa infoin juga ke pemilik apartemennya kalo kita mau kirim barang. Oh ya, harga sewa router di CD Japan sekitar 3000an yen (Rp 390.000an) per minggu, cukup murah kan?

Obaasan yang ramah tsb kemudian menjelaskan cara pake kompor (oalah ternyata semalem belum buka keran gasnya!), mesin cuci, dan water heater. Juga menjelaskan kalo air keran bisa diminum. Tentu semuanya dijelaskan dalam bahasa Jepang, yang untungnya lumayan gue ngerti. Kelar kunjungan dari Obaasan, kami langsung…bikin PopMie XD

Berhubung gue & Wieny orangnya nyantai, jam 11-an kami baru cabut dari apartemen. Karena ga ada itinerary, akhirnya kami ke Tenjin, pusat kota Fukuoka untuk…ke mall. Hahaha, udah jauh-jauh ke Fukuoka malah ke mall. Ya abisnya gimana, gue baca-baca, Fukuoka itu bagusnya pas spring & summer, tempat-tempat recommendednya banyakan pantai & taman. Yakali winter dingin menggigil ke taman?

Tiba di Tenjin, kami masuk ke Fukuoka Parco Mall. Tujuannya tentu saja beli tas yang lagi ngehits, Anello. Harga tas Anello yang original ternyata ga mahal-mahal amat kok. Gue beli ransel ukuran sedang, bahan kulit, harganya cuma 4900 yen atau sekitar Rp 650.000. Tas Anello ternyata banyak ragamnya. Tadinya pengen beli ransel 1 & sling bag 1, tapi karena ga nemu warna yang dimau, akhirnya cuma beli ransel aja.

20170106_210518

Di mall ini juga ada toko Cath Kidston. Gue langsung norak, karena yang di Jakarta koleksinya dikit banget. Gue nyari passport case & travel pouch, sayangnya toko itu ga jual travel pouch, dan motif passport case-nya cuma ada 1 dan gue kurang suka. Di sebelah toko Cath Kidston, ada toko Disney yang koleksinya ga kalah lucu. Untungnya gue ga tergoda beli. Perjalanan masih panjang, ga lucu kalo kehabisan uang di hari pertama.

Kelar beli tas, kami masuk toko stationery. Gue beli laundry net buat nyuci nanti. Keluar toko agak bingung, terus naik turun eskalator & lift malah nemu tempat ini.

20170106_140929

Kirain hari itu ada event HKT48. Tapi kok sepi…Lalu kami turun lagi & foto di depan toko yang jual merchandise HKT48. Pas lagi foto ama banner Sashi, ada 2 cewek imut lewat dan cekikikan tapi gue cuek. Jangan-jangan itu member??? Karena penasaran, gue googling dan ternyata itu emang teater sementara HKT48. Hahaha…

Abis shopping, kami makan siang di restoran apa gitu, random aja milihnya. Kami makan set ikan makarel. Enaaakkk!!

20170106_143251

Kelar makan, kami balik ke mall lagi untuk cari beberapa titipan, abis itu ke Fukuoka Dome (tempat konser ARASHI) untuk ketemu Ucik, teman sesama fangirl yang kami titipin beli tiket Kanjani8. Fukuoka Dome udah rame banget karena udah dekat jam konser. Konsernya jam 6 sore, tapi gate baru dibuka jam 4 sore. Asyik ya, santai ga kayak di Indonesia XD Setelah ketemu Ucik, kami antre beli goods konser titipan para fangirls di Indonesia. Lumayan banyak juga yang dibeli, dan Fukuoka Dome itu lumayan jauh dari stasiun (sekitar 1 km). Tapi kami ga mau naik taksi karena harus hemat. Sampe stasiun Nakasu Kawabata, kami mampir di Lawson untuk beli bento (makanan kotak) untuk makan malam, dan juga onigiri (nasi kepal) untuk sarapan besok. Sampe apartemen, mandi, makan, terus sibuk pasang koyo & oles Counterpain..Renta!

20170106_204751

Sabtu 7 Januari 2017

Gue & Wieny emang tipe yang banyak maunya tapi stamina kurang XD Padahal bangunnya cukup siang, tapi tetep kepengen ke Kumamoto & Nagasaki. Sebelum berangkat gue udah ngecek di hape, kalo kami nekat mau ke 2 kota itu, waktunya bakal kejar-kejaran banget. Tapi dasar nekat, dijabanin deh. Jam 10 kami berangkat dari Nakasu Kawabata, transit di stasiun Hakata, terus beli tiket kereta JR ke Kumamoto. Apesnya, gue kira ke Kumamoto bisa pake kartu SUICA yang udah gue isi 10.000 yen, ternyata ga bisa. Tiket kereta JR Kumamoto lumayan mahal pulak, 2130 yen. Ada kejadian lucu pas gue nanya ke mas petugas stasiun Hakata. Pas gue tanya, “Ke Kumamoto gimana caranya ya?”, si mas jawab, “Oh mau liat Kumamon ya?”. TIDAAAKKK… Kok ketauan? XD Mas petugas nyaranin pake Shinkansen, tapi berhubung kami kere, that’s not an option. Tiket Shinkansen sekali jalan sekitar 15.000 yen alias 1,8 juta rupiah. Gile aje.

20170107_102041
Kostum jalan-jalan ke Kumamoto..Hoodie kuma (beruang)

20170107_110833
Tiket Hakata-Kumamoto yang mahal bingits

Perjalanan dari Hakata ke Kumamoto cukup jauh, 2 jam aja lho..hahaha. Turun di stasiun apa gitu, kami harus lanjut naik kereta lokal yang cuma 2 gerbong. Gue rada ngikik saat melewati tempat bernama Konoha alias desanya Naruto.

20170107_125105
Ku ingin turun dan mampir ke rumahnya Naruto

Sampai di Kumamoto, kami langsung lanjut naik trem untuk ke Kumamoto Castle. Wihiii seru yaa naik trem XD Sayangnya, Kumamoto Castle ternyata sedang ditutup untuk renovasi karena gempa beberapa waktu lalu. Yaah… Kami pun berbalik ke shoutengai (distrik perbelanjaan) yang diinfokan Tyas, beli beberapa stuff Kumamon, makan siang di Sukiya, lalu balik ke stasiun Kumamoto. Tujuan selanjutnya ga kalah jauh: Nagasaki! Bahkan ongkos kereta dari Kumamoto ke Nagasaki lebih mahal dibanding ongkos dari Hakata ke Kumamoto. Baca-baca Hyperdia, agak pesimis karena diperkirakan kami akan sampai di Nagasaki jam 19:30, sementara kereta terakhir dari Huis Ten Bosch (taman bermain yang akan kami datangi untuk lihat Winter Illumination) adanya jam 21:33. Berarti kami cuma punya waktu 2 jam untuk main di Huis Ten Bosch, sudah termasuk jalan kaki dari dan ke stasiun. Tapi namanya juga nekat dan tanggung, kami jabanin ke Nagasaki dengan jadwal semepet itu XD Gilak emang!

20170107_132306
Stasiun Kumamoto

20170107_140307_hdr
Kumamoto Castle yang lagi direnovasi besar-besaran

20170107_142833
Belanja pernak-pernik Kumamon

20170107_145311
Makan siang gyudon & cheese di Sukiya

20170107_160949
Tiket kereta Kumamoto-Huis Ten Bosch (Nagasaki). Mahal gilak!

Singkat cerita, kami sampai juga di stasiun HTB yang desainnya kayak di Belanda sana. HTB memang merupakan taman bermain dengan konsep Belanda. Bahkan ada rumah-rumah penduduk (yang beneran berpenghuni) bertema Belanda. Jalan kaki cepat-cepat selama 5 menitan, akhirnya sampai juga di HTB! Huwaaa bagus banget! Selesai beli tiket (tiket biasa, tanpa tiket masuk wahana -yaiyalah ga ada waktu-), kami langsung menelusuri taman bermain yang kelihatan cantik banget dalam iluminasi warna-warni LED. Ga usah banyak cerita ye, liat foto-fotonya aja nih..

20170107_200105
20170107_20075220170107_20230620170107_20251520170107_20382720170107_205236_pano20170107_213013

(bersambung ke part 3)

Japan Trip 5: Tour 5 Kota tanpa Itinerary (part 1)

Hola!

Gue membuka tahun 2017 dengan kejadian menyebalkan: hape LG G4 gue yang baru saja berulang tahun yang pertama tiba-tiba error, bootloop alias booting doang ga masuk-masuk ke menu. Panik  karena foto-foto yang ribuan jumlahnya belum di-back up (very stupid of me), akhirnya 1 Januari gue habiskan di service center. Untungnya sekitar 80% foto bisa di-retrieve & di-back up. Untung juga walaupun kudu ganti motherboard, gue ga disuruh bayar alias gratis, padahal garansi udah lewat 2 hari. Pulang dari service center, gue langsung aktifin Google Photos supaya ga ada kejadian bodoh foto-tidak-dibackup lagi.

Untung juga hape gue ga harus nginep seperti hape beberapa orang, karena tanggal 5 kan gue mau jalan-jalan lagi! Ke mana? Ya, ke Jepang lagi! Ga bosen? Ya ngga lah, kan tiap trip tujuannya nonton konser! (ga nyambung ya?). Kali ini tujuan gue ke Fukuoka dan (lagi-lagi) Osaka. Well, tadinya sih cuma mau ke Fukuoka untuk nonton konser ARASHI dan ke Osaka untuk main ke Universal Studios Japan (USJ). Tapi ternyata kemudian Kanjani8 ngumumin konser juga, dan tanggalnya pas banget gue di Osaka! Lucky~~~ Kali ini gue pergi bersama rekan fangirl renta, Wieny. Kerentaan kami akan terlihat di tour 9 hari ini, so keep on reading 😀

Kamis, 5 Januari 2017

Jam 3 pagi Wieny jemput ke rumah, tapi gue baru kelar mandi, wkwk.. Jam 3.15 berangkat naksi bareng ke bandara. Kami naik ANA untuk pertama kalinya. Lumayan dapet harga promo 5,4 juta rupiah. Kudunya bisa lebih murah kalo perginya ke kota lain. Fukuoka emang rada mahal sih. Flight kami jam 6.25 pagi, transit di Narita 2 jam, lalu lanjut ke Fukuoka. ANA seatnya rada sempit, tapi pelayanan & makanannya luar biasa! Pramugarinya cantik & ramah, makanan & snacknya enak-enak. Di perjalanan gue nonton Your Lie in April, yang maen si dedek Yamazaki Kento & Hirose Suzu. Filmnya bagus! Abis itu lanjut Sanada 10 Braves, tapi ga selesai karena gue ngantuk. Oh iya, ANA pilihan lagunya kurang oke menurut gue. Sebelumnya, gue naik Thai Air ke Swedia, itu pilihan lagunya banyak banget, bahkan sampe NEWS pun ada. Eh ANA yang notabene maskapai Jepang malah ga lengkap. Jadilah gue bobo tanpa dengerin musik. Oh ya, karena flightnya nanggung, kami cuma dapat snack berupa chicken burger untuk makan siang. Tapi menu makan paginya pun udah bikin kenyang banget, kok.

20170105_074212

Tiba di Narita, huweeee cuacanya dingin banget! Dari Jakarta yang bersuhu 30-an, waktu itu Narita suhunya 6 derajat. Gue rada nostalgic inget Seoul di musim dingin T^T. Di Narita, kami cuma ngemil chiki yang Wieny bawa dari Jakarta. Dari Narita, kami lanjut naik ANA lagi ke Fukuoka. Nyampe di Fukuoka sekitar jam 7 malam, kami langsung cari restoran di dalam bandara untuk makan malam. Gue yang coba ngomong bahasa Inggris ke mas-mas restoran, ternyata dia ga ngerti. Hhhh sesungguhnya ku malas ngomong Jepang.. Btw makanannya enak! Kami pesan chicken don setelah sebelumnya nanya menu non-babi adanya apa aja? Eh langsung ditunjukin chicken don.

20170105_190756

20170105_190904
Porsinya gede banget sampe-sampe gue ga habis 😦

Beres makan (dan nunggu Wieny beresin barang-barang hand-carry karena tas ranselnya mendadak putus), kami langsung menuju ke stasiun subway menuju ke stasiun Nakasu Kawabata yang dekat dengan apartemen yang kami sewa lewat airBnB. Jarak dari stasiun bandara ke Nakasu Kawabata cuma 10 menit, tapi keluar dari stasiun rada bingung baca peta yang sudah di-print. Pas lagi kebingungan, ada mbak-mbak Jepang yang nanya, “Kalian mau ke mana? Ada yang bisa dibantu?” pake Bahasa Jepang. Gileee baik banget tuh mbak! Setelah ditunjukin jalan yang benar, kami menyeret koper sekitar 10 menit sampe tiba di apartemennya. Nama apartemennya Sunshine, ditulis pake katakana! Kata Wieny, “Busyet kalo gue sendirian ke sini mah ga nyadar deh kalo ini lokasinya.” XD Kami dapat kamar di lantai 6, dan huwaaa kamarnya lumayan luas & fasilitasnya lengkap! Ada mesin cuci, jadi ga usah bawa baju banyak. Lagian traveling pas winter tuh lumayan ngerepotin karena bajunya berat-berat, padahal koper harus disisakan spacenya buat belanjaan :p Setelah ngutak-atik wifi router (karena ga ada kertas bertuliskan password), kami berhasil connect ke internet & menghubungi keluarga & teman, mengabari kalau sudah tiba dengan selamat. Tadinya mau bikin minuman hangat, eh ga bisa ngoperasiin kompornya. Ya sudah, langsung tidur aja. (bersambung ke part 2)

Japan Trip 4: Osaka lagi, konser lagi (part 4a: Osaka sightseeing)

Previous posts:

Part 1: cerita tentang sebelum keberangkatan & sedikit deg-degan ketika tiba di Jepang
Part 2: konser L’ArCasino hari pertama
Part 3: konser L’ArCasino hari kedua

Here goes part 4: the sightseeing, alias jalan-jalan! Ini masih dibagi jadi 3 part saking panjangnya XD

Minggu (20 September 2015): Going Around Osaka

Terima kasih kepada router wi-fi sewaan dari CDJapan, kami ga perlu nyasar cari lokasi guesthouse yang akan jadi tempat stay satu malam. Wait, kok satu malam? Yes, setelah sebelumnya gue book Sakura Guesthouse untuk 6 malam, gue mikir ulang setelah baca review orang-orang (yee harusnya baca review dulu, keleuss!). Walau harganya lumayan mahal untuk ukuran dormitory bed guesthouse (3800 yen/malam), reviewnya jauh dari menyenangkan. Jadilah gue ganti booking kamar cuma untuk 1 malam, sisanya nginep di J-hoppers. Kenapa ga langsung di J-hoppers? Jawabannya: penuh, cuy..

Tiba di Sakura Guesthouse, gue langsung bete gara-gara di resepsionis ga ada orang. Gue & Nina langsung nelepon owner guesthouse lewat pesawat telepon di meja resepsionis, tapi ga diangkat-angkat teleponnya.. Mba Tini, Achan, dan Heya beserta koper-koper masih di luar karena ga muat masuk ke lobi yang sempit banget. Sekitar 10 menit kemudian, akhirnya ada bapak-bapak tua keluar dari kamarnya & menghampiri kami. Kayaknya habis tidur siang. Dengan bahasa Inggris minim, si Bapak (gue lupa namanya) meminta paspor kami untuk dicopy, lalu nyuruh gue & Nina nyari nama kami di guest list. Buseeett…

Kelar check-in, masing-masing dari kami dikasih uang 100 yen untuk beli minuman di vending machine yang ada di lobi guesthouse. Lumayan… Setelah itu kami mengangkat-angkat koper lagi ke kamar yang berada di lantai 4, yang rupanya sedang dibersihkan. Ya sudah, kami nunggu sambil ngaso karena capek banget dari pagi ngangkat-ngangkat koper. Apalagi pintu keluar stasiun Nipponbashi menuju daerah Sennichimae (tempat guesthouse berada) itu tidak dilengkapi lift, alias kami harus ngangkat-ngangkat koper untuk keluar dari stasiun bawah tanah tsb.

Kamar yang ditempati gue, Nina, Heya, dan Mba Tini benar-benar mirip barak. Ruangan penuh diisi 6 bed bertingkat (total 12 bed), mentok sampe langit-langit. Hampir ga ada space untuk naruh koper dan guesthousenya fully booked. Kebayang deh ntar pasti ribet ama urusan mandi dan ke toilet… Achan dapet kamar di lantai 5, terpisah karena dia pesan belakangan.

Kelar beres-beres & ganti baju, kami segera keluar menuju stasiun. Ternyata guesthousenya dekat tempat judi pacuan kuda, jadi rame banget gangnya, penuh bapak-bapak yang memandang dengan tatapan curious. Tiba di ujung gang, Nina & Achan tertarik beli taiyaki, semacam kue panggang berisi kacang merah. Gue, Heya, dan mba Tini memilih ngobrol di dekat pintu masuk stasiun. Tiba-tiba Heya nyeletuk, “Kok mas-mas taiyakinya mirip Taka sih itu?”. Gue dan mba Tini langsung menoleh dan, beneran ada satu karyawan kedai taiyaki yang emang mirip Taka, vokalis One Ok Rock. Dasar fangirl, kami langsung heboh mau moto candid, tapi ga ada yang berhasil, haha..

DSC_1695

Waktu sudah menunjukkan lewat tengah hari. Daripada nanti kelaparan di jalan, kami memutuskan untuk makan siang dulu. Secara random, pilihan jatuh ke Ebiya, restoran yang berada di deretan toko di bawah tanah stasiun Nipponbashi. Untung gue udah pernah ke restoran macam ini, jadi ga norak lagi XD. Kami memilih menu di mesin vending, masukin uang, lalu kuponnya keluar deh. Kupon bertuliskan menu yang dipesan itu kami serahkan ke pelayan di belakang meja-meja yang diatur seperti bar. Gue mesen tempura don dengan telur mentah & sup miso merah. Ternyata rasanya enaaakk!! Manis sih karena bumbunya, udah dikasih bubuk cabe banyak-banyak tetap aja manis XD Next time beneran kudu bawa BonCabe kayaknya.

DSC_1698

Our first destination: Osaka-jo (Osaka Castle)! Buset dah.. Udah 3x gue ke Osaka, tetep aja ke sini lagi ke sini lagi.. Cuacanya lagi lumayan oke, panas tapi berangin. Sampe di Osaka-jo Park, bukannya langsung ke kastilnya, kami malah leyeh-leyeh di bawah pohon sambil minum kopi kalengan. Nikmat banget… Banyak orang pacaran, keluarga kecil & pasangan setengah baya jalan-jalan atau piknik di taman. Beberapa bawa anjing atau naik sepeda.. Tiap liat kayak gitu iri deh ama Jepang..

Di jalan akses menuju Osaka-jo, ada komunitas pemelihara burung hantu (you read it right!) lagi ngajak jalan-jalan peliharannya. Kyaaa!! Kami langsung nyamperin burung hantu yang keren-keren itu. Anak-anak kecil antusias ngeliatin & ngelus makhluk-makhluk imut itu. Gue? Ga berani XD

Sampai di Osaka-jo, lagi-lagi gue ga masuk ke dalamnya karena takut ga keburu ke Tempozan Ferris Wheel & Osaka Aquarium. Akhirnya cuma foto-foto, mampir ke Osaka-jo Hall & beli es krim, hehe.. Kami lanjut jalan ke stasiun Morinomiya yang ternyata JAUH! XD Emang bener deh kalo ke Jepang itu kudu siapin stamina.

 

DSC_1709

Turun di stasiun Osakako, kami masih harus berjalan sekitar 10 menit untuk sampai ke Tempozan Ferris Wheel. Tapi jalan kaki segitu jauh ternyata worth it! Lokasinya oke banget, di pinggir Osaka Bay & berseberangan dengan Osaka Aquarium. The ride was fun (walau gue tetap takut ketinggian XD). Di satu titik, gue bisa melihat Universal Studios Japan dari atas. Sayangnya kami ga ada waktu untuk ke sana (dan budget XD).

DSC_1719

Selesai main di ferris wheel, waktu sudah menunjukkan pukul 20.00, huhu..mumpung di Osaka, sekalian aja ke Aquarium (Kaiyukan). Tiketnya lumayan mahal (lupa berapa, kayanya sekitar 2000 yen). Aquarium yang merupakan salah satu aquarium terbesar di dunia ini ternyata….biasa aja menurut gue XD Masih bagusan Busan Aquarium sih kalo menurut gue. Kelebihan Osaka Aquarium adalah tour pathnya yang nyampe 1 km, dimana rutenya dibuat agar pengunjung bisa lewat di hampir semua area. Kayanya emang enakan jalan santai deh kalo mau nikmatin.. Gue sendiri suka banget area penguin & tangki raksasa berisi hiu macan yang gedeeee banget. Penguin karena mereka lucu banget, pas tidur kepalanya terkulai 180 derajat ke belakang/depan aja gitu XD. Hiu macan karena ukurannya yang gede banget. Serem juga sih bayangin kalo ketemu beneran di laut.

DSC_1721

IMG_2321

Balik dari ferris wheel & aquarium, ke mana lagi kalo bukan ke Shinsaibashi, nongkrong seberang billboard Glico Man. Area Shinsaibashi rame banget dan sayangnya agak kotor, beberapa sampah berserakan (dan gue curiga pelakunya turis). Ada kejadian agak aneh di mana ada om-om Jepang nawarin diri untuk motoin kita di depan billboard Glico Man, abis itu dia heboh-heboh ke temen-temennya. Mungkin prestasi kali ya, berhasil ngomong ama turis (padahal ngomongnya pake bahasa Jepang), fotonya kepotong pula XD

IMG_6798

Bonus foto burung hantu yang keren banget di Osaka-jo Park, buat Yoichikoala 9dari kamera Nina) ^^

IMG_6636-small

Demikian cerita jalan-jalan ke Osaka di hari pertama. Hari kedua & ketiga didedikasikan penuh untuk nonton konser. Hari keempat, mari ke Kobe!

Walking Tour in Jakarta: Cikini Area

Last Sunday, on January 17, I participated in a walking tour conducted by Jakarta Good Guide (@JKTgoodguide). It’s a “pay-as-you-like” tour. They have various routes, and the one they held last week was to Cikini area. I’ve been interested in this tour weeks ago when Tyas (@icblues) joined the tour in Kota Tua (Old Town). But I was also worried that I might be too tired to wake up in early morning, because I would’ve just arrived at home late on Saturday night after a business trip to Singapore. Turned out I could wake up quite early the next day! So let’s go for a walk 😀

Arrived exactly at 9 AM at the meeting point, Gedung Joang 45, I was excited to see lots of people had already gathered there. I was registered to the tour by oom Pitra (@pitra) who then introduced me to Pino (@pinonyuu) and Milly (@millyshafiq). Yay, new friends! After confirming my attendance and receiving a free postcard, I joined the English group together with the three, out of curiosity XD The group was guided by Farid (@faridArdian). Turned out I enjoyed being in the group so much! Maybe for the next tour I’ll also join the English one.

We started from the meeting point itself, Gedung Joang 45. I’ve never thought that the European-style building is actually a tourist spot, so I was kinda surprise when I saw the ticket booth XD. We paid IDR 5,000 and received a book about Jakarta and its tourist attractions.

20160117_093821_HDR

Farid explained the history and historical events happened in that building, took us around to see stuff from pre-independence era, from wardrobes of the youth army to Japan’s propaganda posters. What’s more interesting was the car collection at the back of the building. We got to see the cars used by our first president & vice president, with unique twists such as one was stolen and another was once turned into an oplet (a public transportation car).

20160117_093425_HDR

 

20160117_093648_HDR.jpg

The back part of Gedung Joang 45

We then walked to Cikini Post Office Building, but we couldn’t send the postcards because it’s Sunday. So we proceeded to our next spot, Tan Ek Tjoan Bakery. Anyway the paving blocks were beautifully painted with murals done by IKJ art students (CMIIW) in cooperation with Korea(‘s university?).

20160117_094703_HDR edit

Let’s play?

To my surprise (again), the Tan Ek Tjoan Bakery in Cikini (established in 1921) has been closed down 😮 There gone another historical shop in Jakarta… However, the business is still running, not through the shop but carts. The factory in Ciputat still sends the breads every night, at 11 PM to be exact. Some of the tour participants bought the breads, quite fulfilling as a breakfast.

20160117_095640_HDR.jpg

The next stop was the famous Taman Ismail Marzuki, which was then a zoo owned by Raden Saleh, an Indonesian legendary painter. We went inside, not to the planetarium, but to Jakarta provincial library. I didn’t know the library was there all along =_= The library is air-conditioned, so it’s good to visit and take a break from intense sunshine outside. We just walked around & got some explanation on old photos of Jakarta. Maybe someday I’ll visit it again to read books there. Btw, you’ll need a Jakarta citizen ID (KTP) to enter and read books there.

20160117_101133_HDR.jpg

Inside the library

Just across the TIM, there’s an alley where a legendary ice cream shop, Tjanang, stands. Too bad that now the ice cream isn’t the main product, but the pempek (fried fish cake). We bought ice cream there (a cup is sold at IDR 12,000) and hey, it’s delicious! It’s rather like sorbet than ice cream. I bought the coconut one and it had coconut crumbs!

20160117_103443_HDR edit.jpg

Strolling the pavement, we passed Perguruan Cikini School. I just knew from this tour that President Soekarno’s children attended this school, and there was a b0mbing incident when one day he brought them to school. Actually there is another destination in the tour: PGI Cikini Hospital, where Raden Saleh’s house is located inside. Too bad we couldn’t go there in group and too awkward to go one by one XD so yeah, we just skipped that destination.

20160117_104722_HDR.jpg

The Perguruan Cikini School

20160117_104319_HDR edit.jpg

Ice cream saved our lives!

We turned right and arrived at our last stop: Flea Market at Jl. Surabaya. The market sells antique stuff, from traditional Indonesian, Chinese, Arabian, to western-themed stuff. It’s really a nice place to find unique decoration, but I think a pricing skill is needed.

20160117_105621_HDR.jpg

The tour ended there. I could tell that the participants were happy, especially foreign tourists who kept asking questions and didn’t bother to take many photos. It turned out that our group was the group with the least group-photos, LOL.

Bonus pic: One particular house, a huge one, at Cikini which intrigued me so much XD But the history of this house was rather unknown, other than the info that it’s owned by Hasjim Ning…

20160117_100058_HDR.jpg

One suggestion for this tour route: Include Bubur Cikini (BurCik) across KFC in tour explanation. Its porridge is hella good! XD

Check out Jakarta Good Guide’s walking tour schedule here.