Maafkan aku sang rumet..(masih balada rumet ribet)

2011.03.22

Maafkan aku sang rumet..(masih balada rumet ribet)

Ya, ya…

Setelah menerima berbagai masukan (dari mulai “tegur aja Vie” sampe “hajaaarrr!!” XDD), akhirnya semalam gw menegur si rumet ttg kebiasaannya minjem tanpa izin..

Gw bilang, “Maaf sebelumnya..Tapi lain kali, kalo kamu mau minjem2 barang, tolong kasih tau saya ya..Jangan ngambil sendiri”

Rumet tampak kaget. “Oh, kenapa?”

(dalam hati gw, “MENURUT LOOOOO???”)

Lah gw bingung…”Haduh gimana jelasinnya ya…Gw termasuk orang yg strict kalo menyangkut privasi, jadi tolong ya”

FIUUUUHHH~~ akhirnya berhasil ngomong juga!!!

Rumet kaget lagi…rada kasian gw sebenernya, apakah dia kena culture shock? Trus dia jawab, “Ohh sorry banget..Soalnya di negaraku kalo udah deket bisa minjem2 aja langsung..”

And I was like (dalam hati), “Aduh mbaaakkk…Kita sekamar baru SEBULAN gitu!! Gw sebelumnya sekamar ama cewe Indi* juga selama 1 semester tapi ngga pernah satu kalipun dia minjem barang tanpa izin dan sebaliknya, walaupun kita cukup deket. Dan sedeket2nya gw ama Atri (rumet di ewha), ga pernah juga kita maen pinjem barang tanpa izin..”

Akhirnya gw jawab, “Yah…Gw juga deket ama rumet sebelumnya, tapi dia ga pernah begini”

Dia jawab, “Oh, jadi kamu mau ngasih jarak ya?”

Ampun deh….Menurut gw, sedekat2nya lo ama temen, tetep aja yg namanya MINJEM itu kudu IZIN. Ini pendapat gw aja sih…Ga tau pendapat yg lain gimana. Bahkan ke adik kandung gw pun, tiap gw minjem barang selalu sepengetahuan mereka, dan sebaliknya. Aduh..Apa jangan2 gw yg culture shock ya?? Tapi setau gw secara umum etika pinjam meminjam tuh mesti izin deh…

Gw bilang aja, “Kita memang deket, tapi gw maunya begitu. Kalo pinjem mesti bilang”

Akhirnya dia mengerti dan besok paginya ga ngambil air minum gw lagi, tapi ngambil sendiri ke dispenser. Bagus deh..Tinggal kebiasaan nyalain speaker laptop aja nih yg masih nyebelin. Tadi gw baru aja negur dia gara2 nonton film pake speaker pdhl gw lagi nonton juga..Semoga ga diulang lagi, soalnya gw CAPEK kalo kudu mengulang2 apa yg gw omongin. Masa harus gw jahatin anak orang lagi? Kkkkk…

18 Comments

sanqyurian wrote on Mar 23, ’11

gimana kl lu rekam suara lu di hp misal:
“please ask me before u borrow my stuff” atauh
“Please use earphone.Im in the middle of studing now” dll
Jadi lu ga usah cape ngulang omongan XD. kl dia berulah tinggal setel itu rekaman.kkk

*kabur sebelon digaplok*
Tapi aneh jg ya…dia ngerasa deket sm lu sampe segitunya. gw aja cuma berani maen embat begitu sama nyokap 😛 wkwkwk

maiyuya wrote on Mar 23, ’11

hahahaha gila kalo gw rekam nanti dia kesinggung…
tapi mang rada lugu sih orangnya…jadi kasian juga sebenernya hhhhh….

iya Tri…kayanya dia gampang ngerasa deket ama orang, tapi gw kan susah, kkkk…
jadi merasa nolak anak orang T_T
huahaha gw ke nyokap juga ga berani maen embat gituh..walo sebenernya mungkin gapapa

saicamui wrote on Mar 23, ’11

woh baguslah kalo sudah ngerti si rumet hahaha XD berarti lo udah dianggep sahabatnya dia gitu yak? -sikut2- terharu dong sets XD

chiepotter wrote on Mar 23, ’11

emang rumet lo asal mana sieh setz? mungkin emang kebiasaannya dia begitu kali ya O_O

sachikocamui wrote on Mar 23, ’11

Entah knp, gw ngrasa batas polos sm oon-nya mbak rumet terlalu tipis…

yaoiraburu wrote on Mar 23, ’11

Kkk… ada namanya ya Vie..balada rumet..xDD
iya,emg susah ngadepin kl dr sononya polos2 gt, tp antara kedekatan ama kesopanan kan ada bedanya.. ;p
yaudahlah gpp diajarin kl gitu, itung2 berpahala cos kemungkinan di kluarga/daerahnya sana diajarinnya beda.. loll

maiyuya wrote on Mar 23, ’11

sai
sial kau pake sikut2 segala XDD ahhhh aku sudah sering ilfil ama dia…ga mau jd sahabatnya ah *jahat*

chie
Orang indi*….tuh gw sensor satu huruf di belakang XD menurut gw kebiasaan di sana nggak gitu deh, soalnya rumet gw yg sebelumnya juga dari sana..tapi sopan banget orangnya

sachi
mungkin juga tuh…hahahaha

Puma
Wawww avatarnya baguuuss..mas bakpau smirking =D
betul,,menurut gw walo deket tapi ada wilayah privasi yg ga bisa dilanggar..tapi si mbak ini mah aneh mikirnya..jadi ilfil gw..haha bagus kalo dia nganggepnya gw ngajarin yg bener, lah kalo dia nganggep gw arogan gimana ya? ah nevermind kkkk

kizunaworld wrote on Mar 24, ’11

Ee Setz, good dia akhirnya sadar juga 🙂 Klo zuna mah, jaga jarak hayukkk justru sng klo ga slg ganggu2an XD

mayuungs wrote on Mar 24, ’11

nyahaha. selamat datang di “roommate world”.
silakan kencangkan sabuk pengaman anda dan selamat menikmati!

gue udah kabur dr dorm Pie.. udah bebas dr masalah rumet 😀

sakuranbochan wrote on Mar 24, ’11

ahahaha…masih ribet soal gini ya?sabar dhe ya…
Setz ga salah kok..aku juga antar sodara minjem bilang2…
semua orang pada dasar na mesti na diajarin gitu…
tapi kan ya tiap orang beda..
mungkin dy emang beda aja..
sabar ya.. ^.^

maiyuya wrote on Mar 25, ’11

zuna
Soal pinjam meminjam dia udah sadar..tapi masih blom sadar soal nyetel sesuatu di laptop pake speaker & volumenya cukup keras T_T

Mayang
HAH??? Kok bisa lo kabur dari dorm “tercinta”?? Rumet gw yg dulu ga ada yg serese ini…huhuuh

Ranbo
Masih nih…Semoga ga berlarut2, pusing gw..
Mungkin dia emang beda, yg lain punya etika, dia engga, hahahaha *sinis mode on*

cadelnii wrote on Mar 25, ’11

Wakakak, kebiasaan dikeluarga nya kali tuh yg minjem kaga bilang2
Soal speaker omongin lagi aja, kalo masih ga ngerti juga, buat dia merasakan penderitaan yg sama. Setel lagu dengan volume sekencang-kencangnya pas dia lagi nonton XD

mimiochan wrote on Mar 26, ’11

akhirnya diHAJARRRR juga tu rumet… xD
moga2 ga mesti dikasi tau berulang2.. cape bener deh..

maiyuya wrote on Mar 27, ’11

chica
Huhu kalo gw ikutan nyetel laptop keras2 berarti gw sama aja dong ama dia.. Serba salah juga. Negur terus BT, ga ditegur ngelunjak. Tapi kalo gw ikut nyetel pake speaker nanti dia bilang “Loh kamu juga pake speaker kan?” =_=

mimiko
Iya semoga ga diulang lagi…males gw

sakuranbochan wrote on Mar 29, ’11

aduh…sadis sekali ngomong na…hahaha..
yah, mungkin itu beda na..ato dy lugu?polos?wkwkwwk

maiyuya wrote on Mar 31, ’11

mungkin iya kali lugu & polos..jd mesti diajarin

azazeel wrote on Apr 3, ’11

dicium aja tuh rumet

maiyuya wrote on Apr 3, ’11

lo aja yg nyium soooonnnn :p

Advertisements

Rumet ribet plus nyebelin part 2

2011.03.20

Sebelum Anda semua membaca tulisan ini, saya peringatkan: di sini saya ngomongin orang, mungkin termasuk aibnya. Jadi buat yg ga suka ngomongin orang, silakan tutup halaman ini. Saya nulis di sini karena mungkin cuma di sini saya bisa ngeluarin unek2.

————–

Setiap kali ada orang berbuat sesuatu yg gw ga suka, gw selalu nunggu sampe 3x. Karena kalo dia 1x berbuat salah, itu masih wajar. tapi kalo sampe 3x, mungkin ada yg salah. Mungkin karena (1) dia ga tau yg dia lakukan itu salah, atau emang (2) dia pada dasarnya kurang ajar.

Si rumet, sekarang sebut saja Parem karena baunya mirip parem, gw ga tau dia masuk kategori 1 atau 2. Yang jelas, makin ke sini makin banyak kelakuan dia yg menurut gw gak wajar. Rumet gw sebelum dia juga kewarganegaraannya sama ama dia, tapi kelakuannya sopan banget. Jadi menurut gw, kelakuan dia ga ada hubungannya dengan budaya, karena rumet yg sebelumnya gak melakukan hal yg sama ama dia.

Menurut kalian, apakah hal-hal ini sopan?

1. Nyetel film di laptop pake speaker, padahal jelas2 dah ditegur.

2. Ngambil minum punya orang tanpa izin.

3. Buka laci meja orang tanpa izin.

4. Buka HP orang tanpa izin, dengan alasan mau liat jam.

Akhir2 ini si Parem melakukan hal-hal tersebut. Soal nonton pake speaker, udah berkali2 gw tegur dia, terutama kalo pas gw mau nonton sesuatu juga. Kan ga enak kalo lo lagi nonton sesuatu, atau lagi denger musik trus suaranya kecampur ama suara lain dari speaker orang. Tapi entah napa, dia ga kapok melakukannya. Hhhhhhh~~~~

Soal minta minum, dulu gw kasih izin dia minta minum soalnya air dia habis, dan dia butuh air buat minum obat. Tapi kok lama2 jadi kebiasaan, padahal dispenser deket, tinggal keluar kamar & jalan ga sampe 10 meter. Dia belum beli botol gede buat minum, jadi masih pake botol aqua yg 600 ml yg tentu saja airnya cepet habis. Padahal botol gede harganya cuma 1000 won,  masa mau minta terus? Gw juga udah pernah bilang, “Mending kamu beli botol gede deh, soalnya ga sehat kalo botol aqua dipake dalam waktu yg lama”. Itu kan cara halus ya, tapi tampaknya dia ga paham. Gw ga sukaaaa kalo gw harus bilang, “Tolong pake botol sendiri dong, jangan minta ke gw terus”. Mending kalo mintanya izin, ini mah dia ngambil sendiri, terutama pas gw lagi tidur. Gw sering kebangun di pagi hari gara2 dia minum dari botol gw.

Trus, soal buka HP. Dia blom punya HP & ga punya jam tangan/jam meja, jadinya tiap hari nitip nyalain alarm ama gw. Tapi ternyata ngelunjak. Kadang2 pas gw masih tidur, dia buka HP gw untuk ngecek jam! Gw kadang sensitif ama suara, terutama kalo tidurnya ga nyenyak, jadi suka kebangun kalo ada suara..Nah HP gw kan flip, jadi kedengeran kalo dibuka & ditutup. Pagi2 tuh sering kebangun gara2 dia buka HP gw trus tutup lagi. Gilaaa!! Akhirnya kemarin pagi gw ngetes apakah dia masih nekat buka HP gw kalo disimpen di bawah selimut. DAN TERNYATA MASIH NEKAT AJA GITU!!! Dia berani buka selimut gw, trus dia buka HP gw. SINTING!!!! Semalem akhirnya gw bilangin (masih dengan cara halus), “Tolong ya, kalo kamu mau liat jam, liat aja di jam tangan saya…Selalu saya taro di meja kok”. Gemblung, masa dia ga nyadar kalo itu ga sopan sih T___T

Tapi kejadian paling parah dan kurang ajar baru aja terjadi tadi pagi. Gw kebangun gara2 denger suara laci gw dibuka. Ini namanya udah pelanggaran privasi!! Gw langsung bangun dengan muka jutek. Eh trus dia bilang, “Saya lagi cari stapler”. Gw buka laci dan langsung ngasih ke dia tanpa ngomong apa2. Males banget pagi2 ribut ama orang, jadinya blom gw tegur tuh dia. Trus gw cerita ke mbak Antun (temen lab), mbak Antun bilang, “Ya ampun itu udah parah banget..Bilang aja ke dia kalo mau minjem2 harus sepengetahuan kamu..Trus kalo dia beralasan kamu masi tidur, suruh dia tunggu sampe kamu bangun..Jangan seenaknya gitu”

Gw masih berusaha sabar ngadepin kelakuan2 dia, karena dia baru sebulan di sini dan belum dapet uang beasiswa, jadi blum bisa beli macem2, mungkin termasuk botol, stapler atau jam (tapi kok mampu belanja daging & beras??). Tapi kalo nanti dia udah dapet uang dan masih begitu, awas aja…Gw gak mau jahatin anak orang, tapi kalo gw udah dirugikan, apa boleh buat. Jangan kira karena dia masih baru atau karena dia lebih tua, trus bisa seenaknya. Dan jangan kira karena gw ramah trus gw mau diinjek2 privasinya. I’m trying to be a good person, but maybe I’m indeed not a good person if it’s related to privacy. Bahkan adik2 gw & temen2 deket gw aja, tiap minjem apa2 selalu bilang. Gw juga gak pernah buka2 laci rumet2 sebelumnya atau buka HP mereka tanpa izin. Jadi gw juga gak mau digituin ama orang. Sorry for her, but I won’t be nice if she’s rude. Manner is important, no matter where you are, or how old you are.

Unek2 selesaaaaaaaiiiiii~~~~~~~~~~~

14 Comments

sanqyurian wrote on Mar 20, ’11kkkk. PARAH ABIS!!!!
terutama yg no3-4…itu udah pelanggaran privasi wilayah =_=
Kl misal dia ngomong baik2 ga bs, pake kata2 tegas deh pie mendingan, drpada lu yg makan ati 😐
mbak antun yg baik hati berbudi luhur penyabang dan penyayang aja udah blg gt…

do what u think is right.(gw mls blg ‘sabar ya’ krn kl digituin jg gw bkl abis kesabaran.kkk)

maiyuya wrote on Mar 20, ’11embeeerrr itu yg buka HP & laci udah keterlaluan menurut gw…dan kayaknya di negara dia juga ga begitu deh budayanya…
makanya gw tunggu sampe dia dapet uang beasiswa, biar dia bisa beli macem2 yg dia butuhkan, ga minjem mulu..mending kalo izin minjemnya =_=
sachikocamui wrote on Mar 20, ’11Wew, kaga sopan tuh rumetnya…
Beberapa orang emg ga bisa diomongin baik2 Setz, lgsung aja blak2an ngomongnya. Kl perlu, beli brankas yg pake kunci kombinasi, atw lokernya dikasi jebretan tikus. Takutnya kan, dia tnyt klepto..
maiyuya wrote on Mar 20, ’11huahaha sachi ekstrim banget pake jepretan tikus..semoga dia ga klepto, amit2 deh….semoga cuma ga sopan doang orangnya. gw emang mau ngomongin hal ini ama dia baik2..soalnya menyangkut privasi
aishiteruhaidosan wrote on Mar 21, ’11Jgn sabar2 setz sm org kyk gt. (sori, lg emosi. hehe..)
kizunaworld wrote on Mar 21, ’11Ee, setz. Apa yg setz (rencanaiin) lakuiin itu bener. Gila, kalo tb2 ad kejadian barang hilang, kan sulit juga. Klo di laporin ke kepala dorm bs…? O.O
sachikocamui wrote on Mar 21, ’11Abisnya ngeselin gitu…
cadelnii wrote on Mar 21, ’11Maaf ya tiba2 nimbrung, mau kasih pendapat aja
Menurut gw sebaiknya buat kesepakatan/peraturan bersama diantara berdua. Apa aja yg boleh, apa aja yg ga boleh. Kalo perlu buat list-nya, jadi jelas batasan2nya. Yang penting harus tegas
Ok itu aja, maaf kalo kurang berkenan 🙂
maiyuya wrote on Mar 21, ’11wiru
Iya nih awalnya disabar2in lama2 capek hati…

Zuna
Gw ga enak Zun kalo lapor kepala dorm..soalnya dia masih baru. Gw maklumin dulu deh, kalo diulangin lagi baru gw laporin…

Chica
Gapapa kok nimbrung, kan postingan ini dibuka buat semua contact gw^^. Iya betul juga, kayanya nanti perlu dibuat aturan yg jelas…Susah sih kalo kitanya toleransi tapi dianya malah melanggar batas. Aku biasanya liat dulu, dia ngulangin atau enggak. Kalo ngulangin berarti emang perlu diomongin lagi. Thanks pendapatnya ya 😀

mimiochan wrote on Mar 22, ’11ajegile makin parahhhh!!!! hajar aja Vie hajar!!!
kalo gw, ga pake sopan2 lagi ngomongnya…
orang kayak gitu mah muke badak Vie.. mukenye jauhhh~ *loh koq jd Betawi gini aye* xD
saicamui wrote on Mar 22, ’11O_O wah iya makin parah… soal buka2 selimut dan buka2 laci terutama.. lacinya ga bisa di kunci sets?
maiyuya wrote on Mar 22, ’11mimi
Kompor lo….hahahaha katanya sih ada perbedaan budaya, tapi kok gw ga dapet perlakuan yg sama dari rumet sebelumnya ya?

Sai
Lacinya ga ada kuncinya T_T ga tau nih aneh bener ni dorm..

saicamui wrote on Mar 23, ’11rumet lo sebelumnya dari daerah india yang beda kali sets???? O_O lah iya aneh pisan kagak ada kuncinya >.
maiyuya wrote on Mar 23, ’11iya rumet sebelumnya dari daerah selatan, yg ini barat daya..tp katanya sih yg daerah sana emang beda ama yg utara gitu kelakuannya, ga tau juga..

Ribetnya online community.. T__T

Baru 3 hari ngga ngunjungin
EDEN, tau2 ada "kerusuhan" pasca mundurnya Debbie-chan, sang mods T___T

Awalnya karena Debbie membuat postingan resignnya itu nggak bisa di-reply, trus dia nunjuk seseorang (yang pada nggak kenal atau nggak tau siapa usernamenya) sebagai mods pengganti. Rupanya ada yang nggak suka, trus orang ini bikin posting yang isinya agak harsh menurut gw, walopun ada juga pertanyaan dia yang wajar (misalnya kenapa Debbie ngga ngebolehin member ngereply postingan terakhirnya dia, trus kenapa Debbie ngga ngasih link ke LJnya mods yang baru). Hal itu bikin dia bertanya2 dan tercetuslah komen yang harsh tentang mods yang baru… "Who the hell is Tomo-chan, we don’t even know her… I think we need the members to choose the mods within members who is active in here". Si pemrotes juga ngomel di LJnya (yang awalnya anonymous) tentang betapa nepotismenya pemilihan mods di EDEN.

Waahh….

Kaget juga baca postingannya. Dia ngerti "common rules" di online community nggak sih?

Setau gw nih…*hasil berforum dan bermilis selama kurang lebih 6 tahun*

1. Owner (admin) berhak menunjuk siapapun jadi mods, soalnya kan dia yang bikin community itu. Admin udah pasti punya penilaian sendiri terhadap mods yg dipilih, unsur KKN juga sah2 aja dipake asalkan yang dipilih nanti tetap menjalankan tugas dengan baik.

2. Member berhak mengajukan diri jadi mods, tapi keputusan akhir tetap di tangan admin. Nggak semua admin mau melempar polling, karena kadang polling nggak menyelesaikan masalah.

3. Mods nggak harus aktif posting info and stuffs, yang penting dia bisa menjaga agar komunitas dan isinya berjalan dengan baik, misalnya negur atau memfilter postingan yang dianggap melanggar rules. Ini gw ngalamin sendiri di Forum JPopMusic. Mods jarang banget posting, tapi dia segera tau kalo ada masalah. Mods harus memantau forumnya secara konsisten.

4. Tiap komunitas punya rules sendiri. Rules di forum A mungkin beda jauh dengan forum B. Admin forum A mungkin bolehin one liner, belom tentu admin forum B bolehin hal yang sama. Dan orang yang berminat join komunitas harus bersedia mengikuti rules yang berlaku. Kalo kata anak2 LJ, "If you don’t like the rules, just leave!" *memang terdengar kejam tapi begitulah dunia online fandom, kawan*. Nggak heran kalo lebih banyak yang milih stay individual dibanding ikutan komunitas. The choice is yours

Sebenernya masih banyak lagi, tapi gw rasa 4 point di atas udah cukup mewakili general rules yang berlaku *bilang aja males ngetik XD*. Masalah detail lain seperti hotlinking, credit, bashing dll gw rasa udah lebih banyak yang tau daripada gw *yaiyalaahh*

Ijou, now let’s continue fangirling


Gw nggak sabar liat Yasu di Yasuko to Kenji beradu akting (lagi) dengan suamiku di Eito yang selalu terlihat mabushii… I love you Tacchon my sweetheart…

*Yuya ngambek di pojokan*

Image Hosted by ImageShack.us

Oh iya, si Debbie resign gara2 banyak member yang insulting, nyebelin & maunya selalu diturutin…Ya ampun, semoga dia nggak jadi sebel ama Eito gara2 kelakuan fans2 aneh kayak gini…