L’25 Anniversary

Manusia boleh berencana, tapi Tuhan lah yang menentukan. Itu yang gue alami di perayaan 25th anniversary L’Arc-en-Ciel, band favorit gue. Dari awal, gue udah berniat datang, entah gimana caranya. Anniversary ke-25 mereka itu 30 Mei 2016, di mana sepanjang 2016 gak ada kabar sama sekali sampai akhir tahun. Yaudah, duit gue pun dialokasikan untuk nonton ARASHI di Fukuoka, Januari 2017. Di akhir Januari, tiba-tiba ada pengumuman L’25 Anniversary tanggal 8-9 April di Tokyo Dome! Mau nangis ga tuh! Ya emang sih, selama belum menginjak 30 Mei 2017, maka tanggal segitu masih bisa disebut anniversary ke-25. Maksa banget deh om.

Gue galau, karena baru pulang dari Jepang, alias bokek. Tapi, atas bisikan setan bujukan teman-teman sesama Cielers, gue memutuskan nekat aja. Toh nanti April/Mei dapet bonus & THR :p Ada satu keraguan lagi, yaitu bulan April-Mei load kerja gue sebenarnya cukup tinggi, dan bisa-bisa jadwalnya ngepas ama jadwal gue ke ngumpulin data ke pabrik. Beberapa teman sudah beli tiket pesawat di travel fair pada pertengahan Januari, lumayan banget naik JAL cuma 5 jutaan. Gue belum ada uang, jadinya belum beli tiket.


(credit: The Daily Japan)

Ticketing War

Akhir Januari, ticketing buat L’25 dimulai dengan undian/ballot tiket untuk LE CIEL, fanclub official Laruku. Gue nitip ballot untuk 2 hari lewat kak Ando, teman Cielers baik hati yang tinggal di Jepang & merupakan member LE CIEL. Tanggal 11 Februari, hasil ballot keluar, dan kak Ando cuma dapat 2 tiket untuk sehari, padahal applynya 4 tiket masing-masing untuk dua hari. Yang artinya…gue gak dapet tiket FC. Semangat nonton langsung turun 50%, karena gue tau kalau gagal ballot tiket FC, pupus sudah kemungkinan nonton di depan. Di antara teman yang nebeng tiket FC, cuma Nisa yang dapat 3 lembar untuk sehari.

Gagal ballot tiket FC, kesempatan kedua datang lewat ballot L’Mobile, layanan berbayar untuk fans Laruku (non FC). Untuk apply ballot di L’Mobile, user harus bayar 300 yen untuk berlangganan konten dulu. Oke, dijabanin… Hasil ballot? Gagal semua.

Tapi emang dasar teman-teman di grup Menuju L25 semangatnya tinggi semua, kami lanjut berburu tiket non FC lewat web-web ticketing Jepang, dengan pinjam alamat teman Jepang. Dengan bantuan Nisa dan pinjaman alamat kak Ando, gue apply tiket di L-tike, web ticketing milik Lawson. Teman-teman lain juga berjuang dengan pinjam alamat teman/kenalan masing-masing di Jepang. Hasilnya? Kami semua gagal. L-tike ini rada ngehe sih, ada prioritisasi berdasarkan akun (berbayar tahunan, berbayar bulanan, dan gratisan). Gue gak bisa pilih berbayar (lupa kenapa), jadi pake akun gratisan. Yaaa ga dapet deh. Lanjut apply lewat pia & eplus dengan segala keribetan registrasi yang full pake bahasa Jepang, akhirnya aplikasi gue tembus di eplus untuk sehari! Ya Allah mau nonton konser aja kok susah amat.

Fans overseas sebenarnya udah gelisah sejak awal karena gak diumumin akan ada ticketing untuk fans non-Jepang atau ngga, sementara waktu konsernya mepet, cuma H-3 bulan. Kemudian mid Februari, ada pengumuman yang bikin naik darah, yaitu tour package untuk overseas fans, yang meliputi tiket konser, pesawat PP, hotel & after party, tapi cuma untuk fans di China, Hongkong, Korea. OVERSEAS DARI HONGKONG??? (ya emang Hongkong masuk sih).

Awal Maret, alias H-sebulan, akhirnya pengumuman yang ditunggu datang jugaaaa! Dibuka ballot untuk fans overseas yang ga pake tour package! Tapi bagi gue sudah terlambat…karena gue gak dapet tiket pesawat dengan budget yang dianggarkan. Bahkan di travel fair aja, harga termurah untuk tanggal segitu udah 9 jutaan, karena ngepas peak season (sakura). Gue udah merelakan tiket konser gue yang menang di eplus dipake Nina. Gue juga gak ikut ballot overseas. Di saat yang sama, gue iseng apply ballot tiket konser NEWS akhir Mei di Wakayama, pake akun fanclub gue, lewat Riani, teman yang tinggal di Jepang. Ini juga nekat, karena Mei load kerja gue makin tinggi. Tapi karena konsernya di awal bulan puasa, kayanya masih bisa. Eh ballotnya dapet! Hahahaha…Beneran ga disangka soalnya Wakayama venuenya kecil, alias pasti banyak diincer fans supaya bisa nonton dari dekat. Ya sudah, gue merelakan skip ga nonton L’25 Anniversary. Maaf ya om-om Laruku..

Setelah mengikhlaskan, tiba-tiba ada kesempatan karena Heya, yang udah beli tiket pesawat, terpaksa harus batal karena urusan keluarga. Harapan gue adalah tiket pesawatnya bisa ganti nama, karena yang gue gak punya kan cuma tiket pesawat. Penginapan udah dipesan Nina, tiket konser ada sehari (tinggal nyari sisa sehari). Tapi emang Allah belum ngasih gue rezeki ketemu Hyde. Nama di tiket pesawat Heya ga bisa diganti. Huhuhu…

Live Viewing di XXI Plaza Senayan!

Sekitar pertengahan Maret, official yang emang selalu semaunya tiba-tiba ngepost info live viewing konser L’25! Tentu Indonesia belum masuk di confirmed countries pertama. Kalo ga salah yang pertama diumumin itu Korea & Hongkong. Eeeeh ternyata Indonesia & Thailand masuk di pengumuman kedua. Seneng bangeeettt soalnya bakal di-relay langsung dari Tokyo, alias real time. Gue pun mencatat & pasang reminder untuk beli tiket hari Minggu, 2 April. Fanbase (L’Arc-en-Ciel Indonesia/LI) buka titipan tiket untuk fans luar Jabodetabek, jadi yaa gue gak bisa nitip & harus datang sendiri.

Minggu, 2 April, jam 10 gue masih di jalan. Asumsi gue, karena di web dibilang penjualan dimulai jam 1, jadinya gue bisa nongkrong dulu ama teman-teman sesama pembeli tiket. Gue cek twitter, ya ampuuuun ternyata udah pada baris di depan pintu bioskop yang bahkan belum buka! Gila yah emang antusiasme Cielers, patut diacungi jempol! Gue yang janjian ama Wieny akhirnya nyampe PS jam 11.15 dan langsung ngibrit ke XXI setelah ambil uang di ATM, karena gue diinfoin Wieny kalo beli tiketnya kudu cash. Nyampe XXI antre sebentar, pas di depan kasir…….tinggal sisa 5 baris terdepan & satu dua seat di baris atas pojok. Akhirnya gue beli 2 tiket di E pojok & 2 tiket di F pojok, terpaksa misah ama Fie & Heya. Kelar beli tiket, gue nongkrong-nongkrong ama Dennis yang wakilin LI beli tiket untuk fans luar kota, mbak Sandy, Panji, Tiffany, & Dicky. Abis itu gue & Wieny misah karena mau makan di Genki Sushi. Rizq nyusul & cerita kalo seatnya udah hampir sold out.

Malem-malem gue buka twitter pada rame bahas tiket live viewing yang ternyata udah sold out (323 seats). Ternyata ada beberapa fans yang dateng jam 1 (sesuai info di web) & udah kehabisan, termasuk Decit, teman gue di grup Fangirls Susah Move On. Bodohnya gue lupa nginfoin di grup kalo jam 11an tiket udah mulai abis. Jadi ga enak, huhu.. Lanjut baca-baca, ada seorang fans yang ngomel karena menurutnya XXI ga profesional sehingga buka ticket box jam 11 (bukan jam 1 seperti di web), dan dia datang jam 6 kehabisan tiket. Ya elah mbak jam 6 ya udah pasti ga kebagian lah. Dia juga nyalahin info di XXI yang menurutnya misleading (ditulis show 1-2-3, padahal maksudnya penayangan konser akan makan jatah waktu 3 show film alias sekitar 4,5 jam). Berhembus juga kabar-kabar tentang adanya pembeli yang coba nyaloin tiket, sampai-sampai Cielers yang lain saling mengingatkan untuk jangan cari keuntungan di fandom. Lumayan drama deh..


(credit: excite)

The Concert

Hari yang ditunggu tiba. Dengan gebleknya gue baru beres mandi & dandan jam 1 siang, padahal shownya jam 3 dan gue belum makan siang. Buru-buru naik taksi online, untung jalanan lancar. Nyampe PS jam 2, makan, terus jam 3 baru naik ke XXI. Ternyata studionya udah penuh…Gue ketinggalan sesi MC & doorprize deh…dan terutama ketinggalan sesi temu kangen dengan teman-teman yang lama ga ketemu. LI bagiin light stick ke semua penonton, jadi meriah warna-warni gitu.

Konser hari kedua itu dimulai dengan Niji, which is rarely played as the opening song. Hyde bajunya kayak Shishio, penjahat di Rurouni Kenshin, tapi mukanya ga ditutup perban. Tak lama gue sadar, ALISNYA GA ADA! WTF! Pas April Mop dia emang cukur alis, sambil ngepost, “April Fool!”. Gue kira bercanda, eh ternyata beneran ga ada alis =_=. Makeup hari itu ga kayak diva glamor kayak biasanya, tapi kayak vampir. Pucat dan terlihat tua (tapi tetep centil ganti kostum beberapa kali). Tetchan cakep pake putih-putih macem pangeran (tapi rambutnya tetap berjepit-jepit lucu). Ken-chan tumben pake hitam-hitam gombrong, buat nutupin badan yang menggemuk kah? (ciee udah ada yang ngurusin). Yukki pake bandana, padahal di hari pertama dia rambutnya diiket agak kayak ponytail gitu.

Lagu-lagu yang dibawain yaaaa….gitu deh. Ga banyak kejutan, kecuali terpilihnya Kaze no Yukue di polling yang diadakan official. Gue suka deh, lagu yang menang lagu jadul yang banyak kenangannya. Hyde bilang, karena pembuatan MV Kaze no Yukue lah makanya dia bisa ngerasain pertama kali ke luar negeri. Tetchan manggut-manggut aja (yaiyalah doi umur 14 udah ke New York nonton Motley Crue). Mereka juga mainin triple single fenomenal yang terjual sejuta kopi lebih: Kasou, Shinsoku Lose Control & HONEY. Iklan yang absurd itu pun gue lihat lagi di layar. So nostalgic…

Konser ini emang terasa banget nostalgianya. Heartwarming, beda ama L’ArCASINO yang cuma terlihat mewah tapi minim interaksi antarmember. Di L’25 ini para member banyak cerita nostalgia saat awal-awal band terbentuk, sampai akhirnya berusia 25. Gue terharu pas Hyde bilang, “Tanpa kusadari, lebih dari separuh umurku ada di Laruku”. Sejak lagu pertama, di layar ditampilkan potongan-potongan MV dari yang lawas sampai yang baru. VTR yang diputar saat member istirahat di backstage pun heartwarming, yaitu behind the scene pemotretan mereka di Swiss & Hawaii tahun..berapa ya? 1997? Waktu itu, para member masih dekat banget, beda dengan sekarang.

Ada satu lagu kejutan yang bikin gue merinding plus berkaca-kaca. Shinjitsu to Gensou to! Ga nyangka banget lagu ini bakal masuk. Dan sepertinya bukan cuma gue yang kaget, karena pas intro lagu mulai mengalun (paling baru sedetik), seisi studio langsung teriak. Di hari sebelumnya mereka bawain Fate, yang udah cukup sering dibawain. Lagu penutupnya juga bikin mewek. Hitomi no Juunin, salah satu lagu cinta yang paling keren dari mereka. Abis itu udah, ga ada pengumuman apa-apa. Hyde cuma bilang, “It would be great if we can stay like this in the coming years…”. Yes, you better do.

Soba ni ite
Zutto kimi no egao mitsumeteitai
Donna toki mo terashiteru
Ano taiyou no you ni nareta nara…

(Stay beside me
I want to look at your smile, always
I wish I could be like the sun, who will shine on you no matter when…)

(L’Arc-en-Ciel – Hitomi no Juunin)

Japan Trip 4: Osaka lagi, konser lagi (part 3: concert day 2)

Previous posts:
Part 1: Pre and Arrival
Part 2: Concert day 1

L’ArCASINO Day 2: Selasa, 22 September, 2015

Kaki gue dan kawan-kawan masih sakit akibat berdiri dan berjalan seharian di venue konser L’ArCASINO hari pertama, ditambah antre bus pulang yang makan waktu nyaris dua jam. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat kami untuk nonton konser hari kedua. Berbekal pengalaman, di hari kedua ini para fans jauh lebih siap menghadapi medan. Sunglasses, topi/payung, dan masker menjadi “senjata” menghadapi terik matahari dan debu di Yumeshima. Banyak pula fans yang bawa tikar untuk duduk-duduk makan sambil ngobrol sebelum memasuki area konser. Mirip piknik ^^. Untungnya penonton nggak dilarang membawa makanan dan minuman dari luar kayak di sini, sehingga kami bisa ngebekal makanan dari konbini.

Oh ya, ada yang lupa diceritakan di post sebelumnya. Setelah ngambil tiket, di pintu masuk venue kami dibagi semacam program book, isinya denah venue & list goods yang dijual online maupun on the spot. Lumayan buat kenang-kenangan XD

CWHNy84WEAEzXWj

Seperti kemarin, area stage dibuka sekitar pukul 15.30, dan konser dimulai sejam setelahnya. Istimewanya, konser hari kedua ini ditayangkan live di bioskop-bioskop Jepang, Hongkong dan Taiwan melalui Live Viewing, dan direkam untuk penayangan di negara-negara lain, termasuk Indonesia. Kali ini, kami mendapat seat di blok F dan G, lebih mundur dibanding hari pertama tapi tetap lebih lumayan daripada blok Q, hehe..

Konser dibuka dengan susunan yang sama: pemutaran VTR dilanjut masuknya L’Arc-en-Ciel ke panggung dengan limosin. Hanya Ken dan Yukihiro yang “taat” pada tema kasino, dimana Ken memakai setelan jas putih dan Yukki memakai kemeja dan vest hitam. Tetsuya seperti biasa tampil cerah, kali ini dengan hoodie kuning motif bintang, yang bikin doi kelihatan jauh lebih muda. Sementara Hyde berpakaian seperti bajak laut, dengan kemeja tipis warna coklat berumbai, topi tinggi dan eye patch.

Setlist hari kedua tidak beda jauh dengan hari pertama. Dibuka dengan SEVENTH HEAVEN, lalu DRIVERS’ HIGH (ditukar urutannya dengan LINK di hari pertama). Konser berlanjut dengan susunan lagu yang sama (Pretty Girl, Blurry Eyes, flower, And She Said, Route 666, dan HEAVEN’S DRIVE). Ada kejadian lucu di lagu Pretty Girl. Hyde lupa lirik dan malu sendiri, sampai-sampai doi tiduran di lantai panggung ^^; Unyu bangeeett mau ikut pulang ama akyu gak om?

Pindah ke panggung kecil, Laruku kembali membawakan Wind of Gold dan MY HEART DRAWS A DREAM, sementara ALONE EN LA VIDA digantikan oleh It’s The End. Seperti hari pertama, di bagian ini Hyde melakukan MC dengan boneka burung kakak tua. Lucu juga melihat Hyde men-dubbing si kakak tua dan ngobrol dengan Ken, Yukihiro dan Tetsuya.

L'Arc~en~Ciel LIVE 2015 L'ArCASINO (WOWOW Prime 2015.11.21).mkv_003489891

I will never forget this scenery

Kembali ke main stage, konser bagian terakhir dimulai dengan REVELATION dan CHASE, lalu berlanjut ke XXX dan TRUST. Hyde kembali mengumumkan single baru berjudul Wings Flap, yang kemudian dibawakan dengan lebih mulus. Masih satu nuansa, L’Arc-en-Ciel membawakan Lies and Truth. Kalo diperhatikan, mirip juga ya, dua lagu ini. Driver’s High di hari pertama diganti urutannya di sini dengan LINK, yang diteruskan dengan HONEY, STAY AWAY, dan READY STEADY GO. L’Arc-en-Ciel resmi mengakhiri L’ArCASINO lewat lagu yang menyayat hati, Pieces. Agak kaget juga karena kami menyangka NIJI akan dibawakan sebagai penutup.

Berbeda dengan hari pertama di mana setelah konser usai, semua penonton langsung gerubugan ke arah pintu keluar; di hari kedua ini panitia menerapkan urutan. Penonton di blok yang terletak di ujung & dekat pintu keluar dipersilakan keluar lebih dahulu. Kocaknya, panitia “mengabsen” dengan nama-nama yang berhubungan dengan kasino. Misalnya blok A jadi Ace, blok B jadi Bunny Girl, dsb. Yah tapi ujung-ujungnya tetap aja butuh 2 jam untuk jalan keluar dari venue dan menunggu shuttle bus sih ^^; Emang skalanya besar, sih, ya…

SIDE STORIES

Di balik penyelenggaraan konser yang megah ini, ada beberapa hal menarik yang gue amati.

  1. Koordinasi panitia jempolan

Menghadiri konser di Jepang selalu membuat decak kagum terhadap profesionalisme promotor. Dari sejak turun dari kereta, di pintu keluar stasiun sudah banyak panitia yang membawa papan penunjuk arah ke area shuttle bus. Sepanjang jalan, beberapa panitia mengawal penonton ke tempat naik bus. Di parkiran bus pun panitia sibuk mengatur flow antrean. Sementara di dalam venue, panitia hilir mudik memastikan kerapian antrean goods, booth makanan minuman, bahkan antrean masuk toilet. Mereka juga siap membantu penonton yang bertanya. Seusai konser, panitia mengatur flow penonton sehingga tidak ada desak-desakan. Pokoknya aman dan nyaman!

DSC_0844

  1. Tidak ada sampah berceceran

Di area Yumeshima Special Outdoor Field yang mungkin menyamai luas kompleks Gelora Bung Karno, gue terharu banget melihat tidak ada sampah tercecer. Tidak ada tong sampah di area seluas itu, hanya ada dua booth Trash Station. Semua penonton dengan tertib menyimpan sampahnya masing-masing, lalu membawanya ke Trash Station. Salut!

DSC_1744

  1. Semua serba antre

Terbiasa hidup di Jakarta yang masih kurang budaya antrenya, kami lumayan terkejut melihat fans antre hanya untuk foto bareng standing banner. Di booth makanan & minuman juga nggak ada tuh yang namanya bergerombol.

DSC_1770

  1. Fans Jepang juga ikut nyanyi

Hyde dan Tetsuya pernah menyatakan kagum pada fans di Jakarta dan Bangkok yang ikut sing along saat konser World Tour 2012 yang lalu. Mungkin sekarang fans Jepang juga tak mau kalah. Hyde beberapa kali menyerahkan mic ke penonton untuk nyanyi bersama. Bedanya, saat tidak disodori mic, fans Jepang tidak menyanyi keras-keras, jadi tidak mengganggu sekitar. Lagipula untuk lagu-lagu seperti ALONE EN LA VIDA, TRUST atau XXX, rasanya memang lebih khidmat dinikmati dalam diam.

IT’S (NOT) THE END

L’ArCASINO sudah berakhir. L’Arc-en-Ciel juga tidak menjanjikan kapan mereka akan konser lagi atau kapan akan rilis album. Satu yang pasti adalah rilis single Wings Flap pada 23 Desember nanti. Yang bisa kita lakukan adalah tetap dukung dengan membeli rilisan original, mengikuti project-project fanbase, dan tetap menabung. Siapa tahu, sang Pelangi akan mengunjungi kita lagi. Atau mungkin kita lah yang akan mengunjungi mereka di ulang tahun ke-25.

DSC_0856

thanks to warna kaos CGK yang ngejreng, kami banyak di-notice fans Jepang hahaha

Japan Trip 4: Osaka lagi, konser lagi (part 2: concert day 1)

Previous post: Part 1: Pre and Arrival

Blog post ini dibagi menjadi 4 yaitu pre-arrival and arrival, concert day 1, concert day 2, dan the sightseeing. Sengaja pembagiannya begitu, supaya ga bingung karena hari konsernya nyelip di antara hari sightseeing. Hahaha.

L’ArCASINO Day 1: Senin, 21 September, 2015

Hari ini kami berlima akan menonton konser L’Arc-en-Ciel yang bertajuk L’ArCASINO. Tadinya kami berniat tiba di venue seawal mungkin (venue dibuka pukul 10 pagi), tapi karena ribet pindahan guesthouse, akhirnya pukul 11 kami baru tiba di stasiun Cosmo Square, stasiun terdekat dengan lokasi shuttle bus yang akan membawa penonton ke Yumeshima, pulau buatan yang dijadikan venue konser. Jadi ga enak dengan teman-teman forum L’Arc-en-Ciel Indonesia yang janjian di situ deh… Anyway stasiun penuh  fans Laruku yang rata-rata pake T-shirt dari konser-konser sebelumnya. Sebagian fans berdandan cantik, bahkan ada beberapa yang cosplay jadi member Laruku. Udah lama banget ga ngerasain atmosfer begini.. Terakhir ngelihat stasiun penuh calon penonton konser kayaknya pas gue masih stay di Korea.

Di pintu keluar Stasiun Cosmo Square, sudah ada beberapa staf yang menunjukkan jalan menuju tempat menunggu shuttle bus. Kami menuju lapangan tempat menunggu shuttle bus, yang ternyata sudah dirapikan jalur antreannya. Banyak shuttle bus yang mondar-mandir mengangkut penumpang yang semuanya merupakan penonton konser. Dalam waktu sekitar 10 menit, bus tiba di Yumeshima melalui terowongan bawah laut. Keren abis XD *iya gue norak*

DSC_1728

panas banget cuacanya

Tiba di Yumeshima, kami berjalan menuju booth penukaran tiket yang berada di samping gerbang masuk venue. Kami membeli tiket khusus fans luar negeri melalui Barks Online Ticket, yang mana tiket fisiknya baru akan diberikan pada hari H di lokasi dengan menunjukkan paspor. Metode ketat ini diterapkan untuk mencegah percaloan di antara penonton. Bahkan panitianya sampe ngecek wajah & foto di paspor lho.

DSC_1732

don’t mind the press card XD

Masuk ke venue melalui gerbang berpintu banyak ala taman bermain, gue tercengang melihat area venue yang mirip tempat berkemah. Lapangan luas berdebu dan cuaca panas mengingatkan akan Lapangan D Senayan *walau gue ga nonton di sana XD*, tapi yang ini lebih luas karena bisa menampung 50.000 penonton. Di sekeliling banyak tenda booth makanan, CD-DVD, and of course, goods konser. Yang unik, ada beberapa permainan seperti komidi putar, trampolin, tangkap uang dan lainnya yang diberi nama sesuai judul lagu Laruku (Round and Round, Dive to Blue, In the Air, dsb). Banyak pula standing banner yang bisa dijadikan spot berfoto.Kami memutuskan langsung antre goods yang ternyata memakan waktu sampai 2,5 jam, padahal banyak sekali booth goods yang dibuka. Gilak, capek banget cuy…

DSC_0836

antrean goods yang panjang mengular

Ada kejadian memorable pas gue antre goods. Berhubung gue buka penitipan, ada 47 barang yang harus dibeli, titipan fans Indonesia. Jadilah pas gue dapat giliran beli goods, makan waktu lamaaaa banget karena barang yang dibeli segitu banyaknya XD Sampe ga enak ama orang yang antre di belakang gue, tapi dia selow aja sih.. Orang-orang bersorak, “Sugoii!” pas si mbak kasir nyebut angka. Tapi sayangnya, walau beli banyak, gue nggak boleh minta kardus kosong untuk bawa goods sebanyak itu.. Untungnya mba Tini sigap membantu gue bawa goods, lalu Achan juga bantu bawa beberapa goods setelah di-pack ke beberapa tas.

Selesai beli goods, kami antre beli makanan (yang harganya lebih mahal daripada biasanya). Gilak, yakitori (sate ayam) aja setusuk harganya 800 yen, padahal kalo di Yoshinoya makan segitu udah kenyang sampe bego… Jadilah hari itu kami makan makanan yang overpriced tapi ga enak: nasi goreng semangkok kecil + yakitori seharga total 1300 yen *nangis*.

IMG_2354

makan siang sambil gelar koran

Pukul 15.30, gate menuju area panggung dibuka dan penonton dipersilakan masuk. Semua tiket sudah ada nomor kursi yang ditentukan dengan undian, jadi ga ada yang rebutan. Tiket dijual dengan harga yang sama untuk seluruh section (11.500 yen setelah pajak, atau sekitar Rp 1.300.000), jadi nomor kursi akan bergantung pada faktor keberuntungan. Dari section A sampai Q, syukurlah gue mendapat kursi di section E. Agak ke kanan sih, tapi oke lah.

DSC_1747

view from my seat

Seperti yang udah kita tonton di Live Screening, panggung L’ArCASINO amat megah berhias properti ala kasino seperti chip, kartu remi, roulette, dan balon bunny girl. Tepat pukul 16.30, konser dimulai dengan VTR kartun yang menceritakan L’Arc-en-Ciel merampok kasino dan membawa kabur seluruh uangnya. Kemudian Hyde, Tetsuya, Ken, dan Yukihiro masuk  ke panggung utama dengan menaiki limosin di atas jalur yang berfungsi seperti catwalk. Limosin berjalan pelan dan para personel sibuk menebarkan uang L’ArCASINO ke udara, yang tentu saja ditangkap oleh fans dengan antusias (read: “pertumpahan darah”).

L’Arc-en-Ciel langsung “menghajar” dengan membawakan SEVENTH HEAVEN, LINK, dan Pretty Girl. Gue seperti biasa masih bengong ga percaya. Setlist dilanjutkan dengan deretan lagu nostalgia seperti Blurry Eyes, lanjut ke flower yang bikin mata gue berkaca-kaca karena dari dulu pengen banget liat lagu ini live. Eh abis itu malah dilanjut lagu And She Said & Route 666, lalu ditutup dengan HEAVEN’S DRIVE. Gilak, feeling gue kayak naik rollercoaster, inget jaman awal ngefans, rajin dateng ke bunkasai & maen game Tomarunner vs Laruku yang pake lagu Route 666.

Laruku kemudian kembali menaiki limosin ke arah panggung kecil dekat blok Q, blok paling belakang. Yup, mereka perform di atas mobil dan lagu yang dibawakan adalah lagu yang sangat lawas: Wind of Gold. Langit keemasan menjelang matahari terbenam terlihat sangat berpadu dengan melodi lagu.  Masih di atas mobil, Laruku melanjutkan dengan lagu ALONE EN LA VIDA dan MY HEART DRAWS A DREAM, yang membuat banyak penonton terbawa suasana sakral lagu-lagu tersebut yang didukung cahaya senja dan angin pantai. Gue? Udah “tewas” sejak Wind of Gold…Gila, emang ga ada yang ngalahin special effect alami ya. Sunsetnya, anginnya.. Perfect banget.

Konser kemudian diistirahatkan selama 15 menitan, memberi kesempatan kepada Laruku untuk beristirahat. Badut-badut joker mengisi waktu dengan mengajak penonton membuat wave yang diakhiri dengan pemimpin Joker menarik tuas jackpot. Rada ngebosenin sebenarnya, tapi om-om itu kan juga perlu istirahat. Setelah beberapa kali membuat wave, akhirnya jackpot tercapai membentuk kata trick, dan keempat personel Laruku kembali ke panggung. Masing-masing memainkan gitar, jadi vokalis dan membawakan lagu trick. *kayak boyband*. Konser diteruskan dengan lagu-lagu yang membakar semangat yaitu REVELATION dan CHASE, lalu berubah ke lagu-lagu “mistis”: XXX dan TRUST. Pas XXX & TRUST tuh ga ada penonton yang berani ikut sing-along. Semua lebih milih “terhanyut” bersama alunan suara hyde.

Hyde kemudian mengumumkan single baru yang langsung disambut penonton dengan antusias. Lagu bernuansa EDM berjudul Wings Flap kemudian dibawakan. Tempo naik kembali dengan Caress of Venus, Driver’s High, HONEY, STAY AWAY, dan pemuncaknya: READY STEADY GO. L’Arc-en-Ciel menutup konser dengan manis melalui lagu Anata. Kembang api spektakuler dan laser berwarna pelangi yang menghiasi jembatan besar di belakang panggung menjadi pelengkap konser hari pertama.

DSC_1807

Duit-duitan full set, dapet dari perebutan & barter ama fans Jepang

Kelar konser, perjuangan belum berakhir. Bayangin 50.000 orang keluar dari tempat yang sama, nunggu bus bersama? Yak, makan waktu nyaris dua jam dong cuma untuk jalan keluar dari venue & antre bus.. Keluar dari venuenya agak berdesakan pula, untung fans sana pada selow, ga ada yang buru-buru lari. Kelar konser pukul 7.00 malam, kami baru nyampe stasiun Fukushima (stasiun terdekat dengan hostel) pukul 10-an. Berhubung restoran udah pada tutup, akhirnya kami makan malam di Yoshinoya samping stasiun. Lelah banget, tapi nyampe hostel bukannya mandi & buru-buru tidur, malah fangirlingan sampe jam 2.. Padahal besok masih ada day 2. (bersambung)

Over The L’Arc-en-Ciel: Will you get over them?

Many fans and media have written their thoughts and reviews about this documentary movie of L’Arc-en-Ciel’s World Tour 2012. Most of them have voiced out my opinions, but I’ll still write mine here to make it memorable, at least for me.

Well, during L’Arc’s live in National Stadium (Kokuritsu Kyogijou) in March 2014, it has been mentioned that there will be a new single in November 2014 and a documentary movie in December 2014. So it wasn’t a surprise anymore. At first, we fans thought that the movie might only be screened in Japan. On early December 2014, the roadshow in Japan started, and as expected, international fans couldn’t stay calm (LOL). We started requesting for overseas screening in our countries.

Indonesian fanbase L’Arc-en-Ciel Indonesia (@Cielers_ID) made a quick move and organized a project to make the screening happen in Indonesia. Titled Over The L’Arc-en-Ciel Placard Project, we managed to collect around 300 photos of fans holding placards asking for the movie to be brought to Indonesia. The photos were collated into a well-designed book and e-book, published online and sent to L’Arc’s management. The book received a good response from the management.

At the same time, Moxienotion, a movie distributor who often brings Japanese movies to Indonesia contacted us and talked about the possibility to bring OTL movie to Indonesia. We were so happy and of course convinced them that
many people wanted to watch it and they would watch it.

IMG-20150120-WA0006

December passed and January came. Fans were waiting for the screening info. Some were patient, some were not. They were anxious that the schedule might not fit or too sudden. Some said they need to book flight tickets, so they
wanted to know the schedule as soon as possible. The schedule came out as 23-25 January 2015, but then postponed to 13-15 February 2015. Pre-sale tickets sold started from 29 January, exactly on Hyde’s birthday. Indonesia was the first overseas country that has the schedule fixed. What’s more awesome? We got screenings for THREE DAYS, at SEVEN theatres. Later on, schedules for other countries announced. They only got one day screening in each country, except Singapore that had 2 day schedule.

I was grateful to have given a chance to watch the premiere. It was such an emotional documentary which I needed to watch it more than once to absorb all the contents. The documentary was very rich, it captured the pre-production
involving various staff, anticipation of fans including crazy welcomes at airports (sadly Indonesian fans didn’t get the arrival time informed), the band’s feelings, and the after-concert impressions. We could see that the band had matured and members don’t require word-conversation to connect with each other. On the other hand, we saw that a world-class band like L’Arc-en-Ciel could also get nervous performing at the “holy” venue, Madison Square Garden. We saw them being very serious and perfectionist in preparing the concert to the point of scolding staff members, while later on they would have fun such as riding an open-roof bus at night or even having a fortune-telling (LOL).

The premiere ticket

The premiere ticket

Our movie tickets

Our movie tickets

Idealistically, the movie tried to capture the preparation, the live cut, the members’ thoughts, and fans’ impressions in each venue. But I think it would be difficult featuring all of those in one documentary covering 14 cities (Hongkong, Bangkok, Shanghai, Taipei, New York, London, Paris, Singapore, Jakarta, Seoul, Yokohama, Osaka, Tokyo, and Honolulu), so they chose which aspects were more interesting in one venue than the others. I wonder if there will be an extended version (LOL). I really want to see more of it.

As a fan of L’Arc-en-Ciel since 2002, it was a pity that I wasn’t in my own country when they held the World Tour. But Thanks God, I still could watch it in Seoul where I lived at that time. The atmosphere was different as Korea had been visited before, unlike Indonesia. But as Hyde said, though the races are different, the fans have the same smile. One of the fans interviewed said, “When we really like something, language is no longer a barrier. We didn’t know other fans before, but we quickly became close because we like the same thing.” Another fan said, “The band helps me many times when I need them. I can get through difficult times because of them.”

Conclusion: Over The L’Arc-en-Ciel documentary movie is awesome, but surely I won’t be able to get over them. Ever.

With friends, fellow fans who love them for more than 10 years

With friends, fellow fans who love them for more than 10 years