Japan Trip 5: Tour 5 Kota tanpa Itinerary (part 4)

Cerita sebelumnya:
Part 1
Part 2
Part 3

Selasa 10 Januari 2017

Tadinya jadwal hari ini adalah ke Universal Studios Japan (USJ). Terus, karena renta, gue & Wieny baru jalan dari hotel jam 10, padahal USJ buka jam 9 (dan tutup jam 6 sore). Dari hotel udah jalan ke stasiun Sakaisuji Hommachi, mendadak gue bilang ke Wieny, “Eh kayanya ke USJ-nya mending besok aja deh..Jam segini sayang, kesiangan.. Hari ini ke Kyoto aja.”

Wieny diam sejenak, lalu.. “OK deh.”

Ya, semudah itu kami ngubah itinerary XD

Kami pun langsung naik kereta menuju Kyoto Station. Tujuan jalan-jalan hari ini adalah ke Kiyomizu-dera, lalu mampir ke Arashiyama untuk beli payung Waterfront & furikake (semacam bumbu tabur) wijen. Sampai di Kyoto Station, kami melanjutkan perjalanan dengan bus. Tak lama, kami tiba di halte Kiyomizu apaan gitu, lalu turun dari bus & mengikuti orang-orang yang sudah jalan duluan. Dari bus stop ke Kiyomizu-dera cuma 10 menit, tapi jalannya nanjak! Baru setengah jalan, kami nemu restoran yang jual Kyoto beef cutlet. Gambarnya menarik banget, daging sapi dibungkus tepung & digoreng kering, tapi bagian tengahnya tetap mentah kayak steak medium. Karena udah lapar, yaudah kami langsung masuk. Random abis XD

20170110_125409_hdr
Nanjak teruuuss

20170110_131234

20170110_133920

Beef katsu-nya ternyata enaaaakkk!! Ada 6 jenis saus untuk celupan dagingnya. Ada wasabi, pepper & salt, Worchester sauce (kagak tau ini apaan), curry, soft boiled egg, dan grated yam. Empat saus yang pertama gratis, yang kelima & keenam itu extra option berbayar. Kami milih grated yam yang ternyata rasanya…hmm…aneh. Kayak talas putih lengket-lengket. Tapi gue suka sih. Harganya kalo ga salah 1200 yen.

Beres makan, ternyata di luar restoran udah antre. Wedew..untung makan duluan tadi. Kami lanjut jalan ke atas…dan akhirnya sampe juga. Berhubung gue udah sering ke kuil & istana *belagu*, jadi ya kesannya biasa aja. Mungkin karena winter juga, jadinya pepohonan gersang semua. Mungkin kalo ke sananya pas sakura mekar atau pas autumn bakal lebih bagus. Kiyomizu-dera juga lagi direnovasi, kabarnya sampai 2020. Tapi pas kami ke sana, The Great Hall-nya masih belum direnovasi sih. Puas jalan-jalan & foto-foto, kami  mampir juga ke air mancur alami di mana orang-orang pada antre. Iseng aja sih…Ternyata airnya segar 😀 Baca-baca, katanya banyak orang yang mengajukan permohonan pas minum air itu supaya urusannya lancar.

20170110_135342
Banyak banget orang Korea

20170110_142925_hdr20170110_151035
The Great Hall dari bawah

20170110_150042
Air mancur pelancar urusan (konon katanya)

Turun dari daerah kuil, gue nemu kios yang jual es krim CREMIA!!! Es krim paling enak yang pernah gue makan!! Tanpa ragu, gue & Wieny langsung beli. Hmmm enaaakk… Kami juga beli bakpau isi daging sapi & labu(?) yang terkenal gara-gara pernah muncul di acaranya TOKIO.

20170110_153020
My laff

Balik ke bus stop, gue melihat sign stasiun Kiyomizu Gojo. Akhirnya daripada naik bus balik ke stasiun Kyoto, kami memutuskan naik kereta ke Arashiyama aja (padahal ga tau rutenya wkwk). Di stasiun, gue nanya ke bagian informasi, gimana caranya kalo mau ke Arashiyama? Mbak dan Ibu bagian informasi kaget, karena udah kesorean. Setelah berkali-kali meyakinkan kalo kami cuma mau beli suvenir, akhirnya dikasih tau rute yang tercepat. Ternyata kami harus naik kereta 1 gerbong (jalur Randen Arashiyama), lucuuu macem trem gitu hehe. Turun di stasiun Arashiyama, udah jam 6 kurang. Stasiunnya terletak persis di tengah daerah pertokoan, syukurlah..Soalnya pas tahun 2015 gue ke Arashiyama, turunnya di stasiun Arashiyama jalur merah yang letaknya di tengah hutan. Gue masih ingat lokasi toko furikake & langsung beli 4 bungkus. Furikakenya ini campuran wijen, daun bawang & cabe. Rasanya enak & ga pedes. Cocok buat makan nasi. Kelar beli furikake, lanjut cari titipan temen-temen kantor gue yaitu payung Waterfront yang mungil & ringan. Gue tadinya mau beli snack bentuk segitiga yang isinya macem-macem & snack bentuk genteng (rasa kopinya enak!), eh toko snack udah pada tutup.. Yaudah deh, kelar belanja langsung balik lagi naik kereta Randen, transit di Omiya & naik kereta balik ke Osaka. Sebelum balik ke hotel, kami makan malam di Sukiya (lagi). Nasi tunanya enak!

20170110_172423
Kereta Randen

20170110_161452
Mengagumi pasangan jangkung yang cantik & ganteng ini dari belakang. Hari ini banyak yang pake kimono karena masih suasana tahun baru.

Rabu 11 Januari 2017

Bangun pagi karena mau ke USJ, yeay! Rencana jalan jam 8 karena USJ buka jam 9, tetep aja berangkatnya jam 9 kurang XD Sampai USJ alhamdulillah crowd-nya terlihat normal. Masuk gate, langsung ke bagian informasi untuk minta peta berbahasa Inggris, lalu langsung cusss  ke area The Wizarding World of Harry Potter. Ya, rencana ke USJ emang prioritasnya mau ke HP, sisanya liat sikon.

Memasuki area HP, uwaaaaa langsung doki-doki. Pohon-pohon cemara rimbun, replika mobil Ford Anglia biru yang ringsek, lalu gerbang Hogsmeade! Beneran kayak masuk ke dunia HP. Berhubung misi utama adalah naik wahana The Forbidden Journey, kami cuma sebentar foto-foto di depan, dan langsung ke kastil Hogwarts untuk antre. Lagi-lagi gue melongo liat replika kastilnya. Detail abis! Untungnya antrean ga begitu panjang, cuma 40 menit..jadinya ga sempat banyak memperhatikan detail interior kastilnya deh.

Di ujung antrean menuju ke wahana, banyak petugas berkostum Prefek menunjukkan jalan ke loker, di mana kita harus taruh tas, topi, kamera & hape karena barang-barang tsb ga boleh dibawa ke wahana. Setelah mengunci loker, pengunjung diarahkan untuk antre ke wahana. Gue rada deg-degan karena ada warning: this ride includes sudden rise, drop, backward, stop, & ga dianjurkan buat yang punya penyakit jantung, claustrophobia, atau takut gelap. Wedew…

20170111_103154

20170111_113020

Wahananya mirip Transformer yang pernah gue naikin di USS. Satu kompartemen isi 4 seat, pake pengaman dari bahu ke pinggang, lalu pake kaca mata 4D. Hahaha mampus deh…Ga lama kemudian, wahana mulai bergerak, hiyaaaahhh ternyata kita ceritanya naik sapu terbang bareng Harry dkk. Kita diajak ikut pertandingan quidditch, lalu tiba-tiba ketemu Dementor & dikejar-kejar sampai masuk ke kastil, ketemu uler siapa itu lah, terus ke hutan ketemu tarantula raksasa, kemudian ke air terjun. Semua scene yang ada di film HP. Oh ya, dialognya pake bahasa Jepang.

Keluar dari wahana The Forbidden Journey, kami langsung antre Flight of the Hippogriff, roller coaster kecil. Areanya merupakan replika area pondok Hagrid lengkap dengan motornya & hutan tempat dia melihara hewan-hewan gaib. Rollercoasternya lumayan seru ^^

Selesai main di 2 tempat, sasaran selanjutnya adalah nyobain Butterbeer! Minuman ini dijual dingin & panas, tempatnya bisa milih cup plastik biasa, gelas plastik, dan gelas kaleng. Harga butterbeer pake cup plastik 600 yen, pake gelas plastik 1100 yen, dan pake gelas kaleng 3000an yen (lupa pastinya). Gue pilih yang pake gelas plastik supaya bisa dikoleksi. Rasanya enak, mirip rootbeer AW tapi lebih light & butternya rich banget.

20170111_121815

Selesai ngaso sambil minum Butterbeer & makan potato chips, kami berkeliling masuk ke toko-toko. Tokonya juga disamain ama di novel, tapi berhubung gue ga ngefans-ngefans amat jadi yaa keluar masuk aja. Keluar masuk toko ini juga berbahaya karena berakhir dengan kami beli hoodie Ravenclaw & gantungan kunci yang cukup mahal XD Tadinya pengen beli syal Hufflepuff biar samaan ama abang Eddie, eh Newt *eaaaa*, tapi ga jadi karena toh di Jakarta ga kepake. Kami juga sempat masuk ke wahana Ollivander’s Wand Shop, di mana ada bule pemeran Prof Ollivander akting milihin tongkat. Dia milih satu anak kecil untuk nyoba efek tongkat. Cukup menghibur ^^

20170111_133204

20170111_132315
Cowo-cowo ini lagi videoin Mandrake nangis

Keluar dari area HP udah jam 2-an. Tadinya mau nunggu parade Triwizard Tournament tapi ternyata hari itu ga ada, adanya kemarin, hiks..Jadinya kami ngincer parade USJ REBOOOORN aja setelah makan siang. Niat makan di restoran di area HP kami urungkan karena 2 menu yang disajikan ada babinya =_=. Baca-baca peta, ada restoran lagi di area Hollywood. Menunya juga cuma 2: nasi & roasted chicken, satu lagi hamburger. Harganya mahal dan rasanya so-so.

Baru aja beres makan, paradenya mulaaaiii!! Wiiii seru banget, berbagai maskot lewat pake kereta-kereta parade, dari mulai Peanuts, Minion, Hello Kitty, Sesame Street & penari-penari banyak banget. Lagunya juga ear-catching & penonton diajak joget bersama ^^

untitled-1

Setelah ngikutin parade sekitar setengah jam, kami masuk wahana Terminator yang biasa aja, habis itu ke wahana Spiderman yang mirip Harry Potter. Sedihnya ga sempat ke wahana lain yang juga seru kayak Jurassic Park & JAWS. Maybe next time. Puas jalan-jalan & belanja, kami pun cabut dari USJ. Sebenarnya ada wahana Cool Japan, tapi belum buka.. Dibukanya tanggal 13 pas kami udah pulang T_T Wahana-wahana tsb antara lain Attack on Titan, Detective Conan, EVANGELION, dan Godzilla. Gilaaakk gue penasaran banget terutama EVANGELION. Bayangan gue sih kita naik wahana serasa ada di dalam EVA, lawan Angel. Huhu seru…

20170111_185742

Balik dari USJ, kami ada janji ketemu Risa yang emang kerja di Osaka. Tempat nongkrong yang dipilih adalah cafe L’Arc-en-Ciel. Yak dengan demikian sudah ketiga kalinya gue ke cafe ini. Makan malam omurice ditutup dengan fruits parfait. Tak lupa ngobrolin kebodohan salah lihat jam konser yang bikin Risa repot. Terima kasih Risa ^^