[old post] My Turning Point

2009.08.31

Saya baru nonton 24Hour Television, acara charity dari Nippon Television. Di salah satu previewnya, Tegoshi Yuya menceritakan event yg menjadi “titik balik”nya, sehingga ia berubah dari sosok yang terlalu percaya diri dengan suaranya, menjadi orang yang merasa belum ada apa-apanya. Dan saya terinspirasi untuk menuliskan titik balik saya. Warning: LONG ENTRY, and maybe meaningless for you, but it’s worth for me

Tahun 2002. Saat itu saya baru lulus SMA. Seperti teman-teman lainnya, saya mengikuti SPMB untuk bisa masuk universitas pilihan. Sayangnya, saya “hanya” mendapat pilihan kedua di univ tersebut. Saya pun memulai hari-hari pertama kuliah dengan muram. Terlebih lagi, saya harus kost di Depok karena semester 1 membebani dengan banyak praktikum. Saya merasa kesepian di tempat tinggal yang baru. Walaupun cukup banyak teman semasa SMA yang tinggal di situ, tapi sebagian besar mereka kuliah di Teknik, dan tak ada kesempatan untuk sekadar ngobrol karena ritme kuliah kami beda. Untungnya, teman baik saya yang kuliah di Sastra Jepang, Risna-chan, juga tinggal dekat situ, dan akhirnya saya lebih sering main dengannya.

Hidup masih terasa membosankan, kadang kekecewaan & rasa iri masih menghantui karena tak berhasil mendapat pilihan pertama. Tapi Allah memang Maha Baik. Ia mempertemukan saya dengan Sarah, teman di kampus yang ternyata punya hobi yang sama, anime. Kemudian lewat sebuah event, Risna-chan membeli VCD yang akan mengubah hidup saya. Terdengar lebay, tapi begitulah adanya. VCD itu adalah Piece of Reincarnation milik L’Arc~en~Ciel, band yang saya hanya tahu dari anime Kenshin. PV & live performance NIJI berhasil menggerakkan hati saya. Suara kuat dan indah, ekspresi wajah yang larut dalam lagu, melodi gitar, dan video klip yang artistik akhirnya menggerakkan saya untuk lebih mengenal manusia-manusia jenius di balik band tsb. Dan setelah sekian lama, saya merasa kembali bersemangat.

Satu hal baik memang akan membawa kepada hal baik lainnya. Berawal dari keingintahuan soal Laruku, saya join dengan community J-music. Saya kumpulkan gambar-gambar mereka, lagu-lagunya, video klip, bahkan dulu saya bawa lirik & terjemahan lirik kemana-mana ^^. Saya pun mendatangi event-event gathering fans yang kala itu masih sedikiiiiit sekali, paling cepat hanya sebulan sekali. Event-event Jepang saat itu benar-benar berharga & berkesan, beda jauh dengan event-event setelah J-rock booming di Jabodetabek, yang seperti cuma mengandalkan kuantitas, bukan kualitas. Event sekitar tahun 2003 benar-benar meninggalkan kesan, saya dapat banyak kenalan di dunia nyata, dan beberapa di antaranya menjadi sahabat saya sampai sekarang. Saya juga mulai mencoba cosplay. Saat itu cosplay masih asing, sehingga saya harus berbekal ekstra percaya diri, satu hal positif lagi yang berhasil saya pelajari dari fandom J-rock.

Kalau saya sedang suka sesuatu, kadang saya sulit berhenti untuk terus mencari tahu. Saya pun menekuni lebih dalam band-band J-rock lainnya, sampai kemudian salah satu teman awal saya berfandom, Darkclamp, mengajak mendirikan fan magazine untuk band-band J-rock yang saat itu masih kalah populer dibanding anime. Aktivitas sayapun meluas, dari sekadar fans yang rajin datang ke event, berubah jadi cosplayer, editor majalah J-rock, kontributor acara radio (ingat CuPang yg berubah nama jadi IroIro?), sampai pernah tampil di MTV untuk memperagakan fashion ala Jepang. Saya tak menyangka, dari yg tadinya hidup saya datar, bisa berwarna-warni seperti itu. Rak saya yg tadinya kosong, kemudian penuh dengan CD, VCD & DVD L’Arc~en~Ciel, Dir en grey, Gackt, Malice Mizer, Plastic Tree, Pierrot, Psycho le cemu, D’espairs Ray, Nightmare, Gazette, Shazna, dan masih banyak lagi. Saya bahkan punya video Laruku dari tahun 1991 dan video Gackt dari sejak ia masih di Malice Mizer sampai akhirnya bersolo karier. Video-video yang jaman itu masih rare pun saya punya. Pokoknya udah addicted banget deh.

Tadinya saya pikir semua tak akan berakhir. Saya pikir saya bakal mendengarkan lagu-lagu J-rock sampai kapanpun. Tapi memang benar bahwa manusia berubah. Saya pun tak mengira saya akan lebih fokus ke dunia yang bertolak belakang dengan J-rock, yaitu J-pop, lebih spesifik lagi: boybands. Jika bisa dipertemukan, saya yg dulu pasti menertawakan habis-habisan diri saya yg sekarang. Kadang saat saya bertemu teman dunia J-rock, saya sering merasa berkhianat. Walaupun tak menjadi pembenci, tapi saya sudah jarang sekali mendengarkan J-rock. Saya cuma memutar lagu-lagu J-rock saat sedang rindu mereka.

Titik balik ini terjadi cukup singkat, dalam kurun 5 tahun saja. Saya kecewa karena aliran musik yg saya sukai dari band-band favorit saya berubah. Laruku & Gackt kurang terdengar khas lagi, Diru jadi kebarat-baratan, saya jadi kehilangan semangat. Ditambah lagi, hard disk saya yg berisi “harta” J-rock, berisi data-data, lagu, gambar dan segala stuff fandom dari tahun 2002 , rusak total. Mulai 2007 saya hiatus panjang dari J-rock. Kadang kalau kangen, saya nonton di Youtube, mengingat-ingat bagaimana saya ngefans berat Toshiya sampai-sampai belajar photoshop demi bisa membuat banner dirinya, bela-belain nabung untuk beli photobook Crescent-nya Gackt & anting lancip panjang yang sering dia pakai di era Mars (atau Moon? Saya lupa), atau serunya belajar parapara ala Panic Channel. Dan saya sadar, saya gak bisa meninggalkan mereka. Berkat mereka, saya jadi “seseorang”.

-end of curhat-
Na-chaaaaaann kapan kita fangirling J-rock lagi?
Dikau kesasar ke DBSK, gw kesasar ke JE

27 CommentsChronological   Reverse   Threaded

akioruru wrote on Aug 31, ’09

Je itu apa ya? Waa..Ceritanya benar2 menyentuh he he

saicamui wrote on Aug 31, ’09

wah situ dapet pilihan kedua.. saya gak dapet sama sekali -laugh- but in the end I love my university very much >DDDDDDDDD

ahahaha, ini ekeh juga lagi tersesat di perkorean >D LOLOLOLOL
tapi diru musikalitasnya makin mantep loh jeng~~ itu vinushka, sukses membuat orang-orang yang bahkan orang awam tercengang~~~

maiyuya wrote on Aug 31, ’09

akioruru said

Je itu apa ya? Waa..Ceritanya benar2 menyentuh he he

Hehe makasih dibilang menyentuh..^^ kirain bakal meaningless..
JE itu Johnny’s Entertainment yg membawahi boyband2 macem SMAP, V6, Arashi, NEWS, etc

maiyuya wrote on Aug 31, ’09

saicamui said

wah situ dapet pilihan kedua.. saya gak dapet sama sekali -laugh- but in the end I love my university very much >DDDDDDDDD

ahahaha, ini ekeh juga lagi tersesat di perkorean >D LOLOLOLOL
tapi diru musikalitasnya makin mantep loh jeng~~ itu vinushka, sukses membuat orang-orang yang bahkan orang awam tercengang~~~

Kekeke everything happens for a reason, ne?
Kalo gw dapet pilihan pertama, mungkin gw masih asik di britpop, LOL.

Hueeee souka? Diru makin mantap, tapi mereka tetep keukeuh western style ya?
Ntar gw cari ah Vinushka…
Terakhir denger Glass Skin lumayan sih..

saicamui wrote on Aug 31, ’09

yep -manggut2- tapi gue sempet SANGAT down pas ga dapet pilihan pertama T^T huhuhuhu, sekarang sih no problem XDDDb

hmm itu western yah? gue gak ngerti banget musik sih~~ XDDD
album UROBOROS tetap membuat gue tercengang sih. itu lagu makin mantab buat hetbeng… lebih kaya instrumen. kalo lagu yang slow, yang menyentuh itu ware yami totte sama incovenient ideal

talovepi wrote on Aug 31, ’09

Yuya nyeritain apa si smp menggerakkan hati bkin entry ini?

maiyuya wrote on Aug 31, ’09

saicamui said

yep -manggut2- tapi gue sempet SANGAT down pas ga dapet pilihan pertama T^T huhuhuhu, sekarang sih no problem XDDDb

hmm itu western yah? gue gak ngerti banget musik sih~~ XDDD
album UROBOROS tetap membuat gue tercengang sih. itu lagu makin mantab buat hetbeng… lebih kaya instrumen. kalo lagu yang slow, yang menyentuh itu ware yami totte sama incovenient ideal

Down sih pasti, tapi lama2 nerima juga kan ^^
Apalagi IP lo bagus 😀

Hmm western disini maksud gw kayak band2 rock amerika gitu, tapi ga salah sih, soalnya Diru ekspansi ke luar jepang kan..Terakhir gw baca di salah 1 forum yg ada thread J-rocknya, katanya di luar jepang diru makin diterima, tapi didalem jepang malah banyak yg ninggalin T____T

maiyuya wrote on Aug 31, ’09

talovepi said

Yuya nyeritain apa si smp menggerakkan hati bkin entry ini?

Dulu pas dia udah debut selama 3 tahun, Yuya ngerasa ga ada yg ngalahin dia dalam hal nyanyi, sampe2 dia ogah dengerin musik dari penyanyi lain. Trus pas taun 2007 NEWS ada acara di Las Vegas, Yuya nonton konser Celine Dion, dan di situ dia ngerasa dia ga ada apa2nya. Dia sampe nangis pas denger lagu My Heart Will Go On. Sejak itu dia mulai dengerin artis2 lain, & lebih giat latihan sampe akhirnya kualitas suara dia improve. Nah, itu turning point dalam hidupnya…

Turning point gw mah udah lamaaa XDDDD

akioruru wrote on Aug 31, ’09

Hm..Kanata juga disitu kan? Waa..*pingin ketemu kanata@@

saicamui wrote on Aug 31, ’09

amiiin~~~

hooo~~ mungkin iya? soalnya di gue sih tetep kedengaran dir en grey nya >D hahaha.
ah iya, banyak yang ninggalin…. XC kalo menurut gue, diru sih progress musiknya ke arah yang lebih baik. meskipun yah itu, katanya jadi kebarat-baratan tapi lagu2nya tetep keren dan bikin addict. tetep keras dan makin keras. kan ada tuh band viskei ternama yang progressnya malah jadi aneh…. jadi makin slow lagu2nya >D

arashihonou wrote on Aug 31, ’09

Haha that precious vcd and person emang bisa menghisap hati orang ya ❤ *d jampe2 kali tuh lagu2nya XDD*
Jd pgn denger Hyde &Gackt lg
:3
Klo Risna, my turning point would b GRAVITATION (+watching a band smoochin onstage) haha XD
Remember that one? ^o~

mimiochan wrote on Aug 31, ’09

Mengharukan vie… T^T
Jd menginspirasikan gw juga… Setiap orang memang berubah.
Semoga perubahan itu selalu menuju kebaikan. Amin

Emang pilihan pertamamu apa si?? Jadi penasaran.. ^^’
Padahal pilihan kedua aja, kau dpt cumlaude.. mantap kak vie ini!!!
Hehehehe…

hasseitakano wrote on Aug 31, ’09

manusia hidup dan berubah jd lebih baik
dan perjuanganmu bener2 salut akuh
selalu semangat yah

maiyuya wrote on Aug 31, ’09

akioruru said

Hm..Kanata juga disitu kan? Waa..*pingin ketemu kanata@@

Kanata yg mana? Kanata Hongo?

maiyuya wrote on Aug 31, ’09

saicamui said

amiiin~~~

hooo~~ mungkin iya? soalnya di gue sih tetep kedengaran dir en grey nya >D hahaha.
ah iya, banyak yang ninggalin…. XC kalo menurut gue, diru sih progress musiknya ke arah yang lebih baik. meskipun yah itu, katanya jadi kebarat-baratan tapi lagu2nya tetep keren dan bikin addict. tetep keras dan makin keras. kan ada tuh band viskei ternama yang progressnya malah jadi aneh…. jadi makin slow lagu2nya >D

huaha I think I should listen to them again 😀
eh band yg mana yg makin jadi slow? gw liat SID juga kaget hahaha jadi kayak gitu lagunya =__=

maiyuya wrote on Aug 31, ’09

arashihonou said

Haha that precious vcd and person emang bisa menghisap hati orang ya ❤ *d jampe2 kali tuh lagu2nya XDD*
Jd pgn denger Hyde &Gackt lg
:3
Klo Risna, my turning point would b GRAVITATION (+watching a band smoochin onstage) haha XD
Remember that one? ^o~

Iyaaa itu vcd sakti bener…Pengen beli yg original kalo punya duit XD Baru punya yg chronicle 1 nih, takai harga dvd laruku T^T

Dasar…Hehehehe ano bando desuka? Hihihi miss them…Sebel udah banyak yg berubah =3=

maiyuya wrote on Aug 31, ’09

mimiochan said

Mengharukan vie… T^T
Jd menginspirasikan gw juga… Setiap orang memang berubah.
Semoga perubahan itu selalu menuju kebaikan. Amin

Emang pilihan pertamamu apa si?? Jadi penasaran.. ^^’
Padahal pilihan kedua aja, kau dpt cumlaude.. mantap kak vie ini!!!
Hehehehe…

Amin…

Pilihan pertama gw teknik industri ^^ Tapi alhamdulillah setelah liat kuliahnya anak TI, gw bersyukur ga masuk TI, coz banyak materi manajemennya…I hate management XD

OOT: dah donlot 24hr terebi? Gw nonton yg full part 1 alias 1 jam pertama, gileee sediiihhh

maiyuya wrote on Aug 31, ’09

hasseitakano said

manusia hidup dan berubah jd lebih baik
dan perjuanganmu bener2 salut akuh
selalu semangat yah

makasih kristi ^___^

asahoshisama wrote on Sep 1, ’09

Nice entry. ^^

Allah memang tau apa yang terbaik untuk hambaNya. Ganbare!!!

ps: I LOVE YOUR BANNER!!!!

maiyuya wrote on Sep 1, ’09

dani: makasih dan… ^^
ehehe disini udah mau musim gugur makanya ganti banner XD

acidomatsumoto wrote on Sep 1, ’09

wii..
seru setsu!
=]

dxniel wrote on Sep 1, ’09

mengharukan.. TT^TT

kalo gitu my turning point udah pasti DVD Awake! wkwkkw
plus albumnya tentu..

maiyuya wrote on Sep 1, ’09

acidomatsumoto said

wii..
seru setsu!
=]

Wii, DS, PSP hehehe
*jayus*

maiyuya wrote on Sep 1, ’09

dxniel said

mengharukan.. TT^TT

kalo gitu my turning point udah pasti DVD Awake! wkwkkw
plus albumnya tentu..

huhuhu pekuuuu…
gw mulai mengurangi fangirling laruku sejak SMILE, pas AWAKE juga blom balik juga spirit Laruku gw >___

acidomatsumoto wrote on Sep 1, ’09

hihihi..
xp

dxniel wrote on Sep 1, ’09

pantesan kita ga ktemu TT^TT
wkwkwk

setsu ternyata lebih dedengkot dari yang saya kira.. 🙂

maiyuya wrote on Sep 2, ’09

dxniel said

pantesan kita ga ktemu TT^TT
wkwkwk

setsu ternyata lebih dedengkot dari yang saya kira.. 🙂

saya memang sudah tua, wkwk…

4 thoughts on “[old post] My Turning Point

  1. nice story 🙂 seruuuuu

    pengalamannya mirip gue tapi berbeda..(*lho??)

    gue tau laruku jaman sma akhir tp sekedar tau aja dimasa itu gue lg tergila2 ma boyband asal irlandia terus waktu berlalu beralih suka korea2an gue suka banget ma DBSK, naahhh sekarang justru gue lagi seru2an ma Laruku..kekeke

Leave a Reply

