Memburu si tukang tipu

2011.06.11

Hampir sebulan yg lalu, salah satu teman fangirling gw (Uchie) nge-twit, katanya ada admin salah satu fanbase Suju orang Indonesia yg tinggal di Seoul. Nah, sebagai alien di Seoul, tentu gw seneng dong…Ada orang Indonesia, sesama fans SJ, tinggalnya deket pula (pas gw cek twitternya, beliau menulis Seodaemun sbg tempat tinggalnya). Kebetulan dulu gw kuliah di Ewha, di distrik Seodaemun.

Langsung gw mention lah tu orang (sebut saja namanya maman XD), biasalah salam kenal gitu..Dibales salam kenal juga. Trus wajar dong kalo gw nanya2 ttg konser, namanya fans SJ masa ga suka nonton konser? Di luar dugaan, si Maman bilang katanya ga suka dateng ke konser. Pas gw minta no HPnya buat nambah kontak sesama fans, dia bilang lewat twitter aja.

Gw mulai merasa aneh. Gini deh, yg namanya orang Indonesia, tinggal di luar negeri, pasti seneng ketemu sesama orang Indonesia, masuk akal kan? Tinggal di negara orang, apalagi ga gitu paham bahasanya, pasti seneng ketemu orang yg ngomong dgn bahasa yg sama, iya kan? Tapi ni cowok (katanya sih cowok) kok kesannya malah menghindar gitu…

Protes lah gw ke Uchie. Waktu itu Uchie juga suggest ke Atri buat ketemuan ama si Maman, tp gw doang yg coba ngontak Maman. Atri pun ngecek twitternya & ngerasa ada yg aneh. 22 years old, having an adopted son, SNU student & part-time worker… Oke, SNU student ya.. Pasti temen2 gw yg anak SNU ada yg kenal dong harusnya? Seoul itu kecil, dan mahasiswa2 Indonesianya solid..Gw yg kampusnya ga gaul aja masih ada yg kenal, apalagi anak SNU yg merupakan univ nomer 1 di Korea?

Gw tanya deh tuh temen2 SNU..Ternyata GA ADA YG KENAL SI MAMAN. Nah loh…Tambah curiga deh. Trus gw ajak si Maman ke acara gathering PERPIKA (PPI Korea), ga nongol dia..Eh terus baca2 TLnya, katanya mau drop out dari SNU. Belakangan dapet info dari seseorang, katanya si Maman mau fokus kerja part-time aja. Hahahaha ngakak gw… Mau jadi penduduk ilegal si Maman..Lo kira mahasiswa beasiswa, drop out, ga bakalan dicari ama pihak kampus & pihak pemberi beasiswa?? Buat info aja nih ya, tahun 2010 kemarin ada 1 orang cewek penerima beasiswa drop out karena ga tahan belajar bahasa Korea, langsung tuh diburu ama pihak kampus, dengan ancaman deportasi.

Ah panjang bener ngomongin si Maman..Pokoknya sejak terbukti dia bukan anak SNU, gw tambah yakin dia cuma ngaku2 tinggal di Korea. Ya ampuuunn..ngapain coba? Mau ningkatin reputasi di mata fans? Menyedihkan. Tapi ironisnya, banyak fans Indonesia yg respek bgt ama sesama fans Indonesia yg tinggal di Korea sih =_=

Ga lama si Maman mengeluarkan pernyataan mau pindah dari Korea, mau ke Singapur katanya..Lah katanya miskin Man? Kenapa ga pulang kampung aja? Segitu malunyakah ngaku tinggal di negara kita tercinta? Ya terserah deh..asalkan dia udah ga ngaku2 tinggal di Korea, gw udah puas.

Tapi dasar berjiwa stalker (dan bangga XD), gw & Atri malah nemu kejanggalan2 lain. “Teman2” si Maman beberapa terlihat aneh..Ada yg bilang orang Korea tapi nulis hangul aja ga becus. Bukannya belagu atau apa, tapi kesalahan2 tulisan itu bener2 fatal..Foreigner yg baru seminggu belajar bahasa Korea aja hampir2 ga mungkin melakukan kesalahan mendasar kayak yg dibuat temennya Maman (sebut aja Mimin), apalagi orang Korea…Gw kejarlah tu cewe, ujung2nya dia ngundang gw ke rumahnya di Gwanak, gw bales kapan? Tapi sampe skrg ga ada balesannya lagi :))

Tokoh lain, cowok (seolah2 dari) Jepang, “tunangan” si Mimin (sebut aja Momon) juga ga kalah kocak. Sama lah kayak Mimin, tweet2nya ga mencerminkan bahwa dia orang Jepang. Jangan bilang gw sok tau, I have many friends who graduated from Japanese major, they can check whether people use formal or casual language. Gw sendiri udah belajar bahasa Jepang setahun, cukup mampu utk mendeteksi kata2 aneh yg cuma bisa dikeluarkan lewat sahabat kita Google Translate.

Ah kok jadi muter2..biarin ajalah si Mimin & Momon. Balik ke Maman, gw sebenernya udah ga peduli, tapi Uchie peduli..soalnya si Maman ini admin salah satu fanbase SJ. Uchie ga rela ada admin tukang tipu. Masalahnya, masih susah ngumpulin bukti buat ditunjukin ke admin yg lain. Tapi akhirnya si Maman kena batunya gara2 arogansi dia sendiri. Maman ngetwit pake ID fanbase ttg insiden Donghae lecet2 gara2 serbuan fans. Terus dengan sombongnya si Maman bilang malu jadi orang Indonesia, malu ama fans Indonesia, & beruntung udah pindah dari Indonesia. Halooooo kamu sombong sekali Maman! *gampar pake sendal jepit made in Indonesia*

Fanbase tsb minta maaf ke fans2 Indonesia karena tweet ofensif itu. Si Maman ngilang… Ga lama, seorang admin dari fanbase menghubungi gw & mengkonfirmasi hasil tracking mereka. Ya gw jawab lah….Ternyata admin fanbase tsb juga udah curiga dari dulu. Rupanya kurang pinter si Maman :)) Abis itu ceritanya panjang, tapi akhirnya keadilan menang *cieee*. Maman dicopot dari jabatannya. Yang bikin kagum, admin2 fanbase tampaknya udah gemes ama si Maman, dilabraklah si Maman di twitternya..yang tak lama kemudian didelete :))

Si Maman kabur, bikin ID baru, tapi tetep terlacak oleh kami & para admin. Mangkenye jangan ngeremehin kemampuan stalking para fangirl…And the ending, twitternya si Maman di-lock..Pestanya bubaaaar…Sebenernya banyak ID yg bisa ditrack, dicurigai bikinan Maman semua. Tapi udah ah, udah ga seru lagi. Semoga ga ada lagi Maman-Maman yg lain, merusak keindahan dunia fandom aja lu, Man.

41 Comments

saicamui wrote on Jun 11, ’11

HIDUP GRESIK!! oh god let it be him LMAO

maiyuya wrote on Jun 11, ’11

hahaha gw curiga malahan anak Gresik itu cuma dipinjem & dimodifikasi namanya ama si maman

yaoiraburu wrote on Jun 11, ’11

OMG… Maman Mimin dan Momon..xDD
gw tau ni.. ada2 aja tu org.. bikin bete sejagat komennya yg paling bikin panas wkt itu… cumi gosong,loe Man!!

maiyuya wrote on Jun 11, ’11

LOL…untungnya waktu itu gw lagi ga ada di twitter, trus diceritain Uchie jadi bete deh…
cumi emang si maman!!

sanqyurian wrote on Jun 11, ’11

kesian deh yg namanya Maman beneran.hahahah, tapi sumpah gw ngakak baca maman, mimin, dan momon.bisa dibikin jadi cerita “Petualangan si maman” nih XD

sayang ya dilock…jadi g bs dikuntit lagi deh.

saicamui wrote on Jun 11, ’11

HAHAHAHA si anak gresik jadi korban identity theft XD

yaoiraburu wrote on Jun 11, ’11

gilanya itu.. ngaku2 SNU.. -___-” cuhiii… gw jg mao jd anak snu.. tp takut kaga kuat!! LOL berani2nye diee…

maiyuya wrote on Jun 11, ’11

sanqyurian said

kesian deh yg namanya Maman beneran.hahahah, tapi sumpah gw ngakak baca maman, mimin, dan momon.bisa dibikin jadi cerita “Petualangan si maman” nih XD

sayang ya dilock…jadi g bs dikuntit lagi deh.

hahaha tiba2 aja kepikiran nickname itu tapi ya kasian si Maman yg asli… XDD

maiyuya wrote on Jun 11, ’11

saicamui said

HAHAHAHA si anak gresik jadi korban identity theft XD

kasian dia…Maman yg asli *seenaknya motong nama orang*

maiyuya wrote on Jun 11, ’11

yaoiraburu said

gilanya itu.. ngaku2 SNU.. -___-” cuhiii… gw jg mao jd anak snu.. tp takut kaga kuat!! LOL berani2nye diee…

kata temen gw, harusnya ngaku dari univ yg ecek2 aja biar ga ketauan..salah ndiri milih SNU, udah gitu tiap ada yg nanya beasiswa, dijawabnya galak bener…

nad2sept wrote on Jun 11, ’11

Serem ye… kalo udah berkaitan dengan fandom. Apalagi yang nepu2 begini. Pasti kelacak. Btw gue geli denger nama ‘Maman’ kek nama temen kakak gua :))

maiyuya wrote on Jun 11, ’11

hahaha ya maap nad kalo eike pilih nama yg pasaran…

kizunaworld wrote on Jun 11, ’11

wait.. sptnya zuna taw deh maman dl jd admin twitter suju fanbase yg mana deh….. yang belakangannya pake embel2 ‘facts’ bukannya setz? soalnya kemarin2 ad sempet zuna baca tweet2nya sang admin yg cowok ngomentarin elf indo yg nyakitin donghae *tp kabarnya yg donghae itu hoax kan ya?* Zuna penasaran… umur semuda gitu bs punya anak adopsi? O.O Dan ee, klo drop out, memang ga bisa tgl, apalagi part time di negara luar, dianggep illegal pasti, krn toh visa primarnya krn utk skola kan…

mimiochan wrote on Jun 11, ’11

LOL Maman, Mimin dan Momon! Wah, memang stalker sejati kau~

Btw, makin banyak aja ya yg krisis identitas. Indonesia, kawaisou..

maiyuya wrote on Jun 11, ’11

Zuna
Yup yg itu…Zuna follow ya? Makanya tu faker ga belajar dulu kali ya seluk beluk mahasiswa asing..Kerja part time aja harus dapet izin dari dekan, eh ini mau keluar dari sekolah demi part-time..Aneh banget hahaha

Mimi
Tau nih kalo gini terus bisa rusak mental fans2 yg sehat..kebanyakan ditipuuuu..
Btw cari videonya Kan Mi Yeon yg judulnya Paparazzi deh, kayaknya pas buat para stalker hahaha OOT

0409dinapi wrote on Jun 11, ’11

Ya ampun.. Ada ya org ky gitu, tp dr awal kenapa dia diterima jd admin, vie ?
Harusnya untuk jabatan admin kan ga sembarangan org toh? (=_=)a

stalker sejati!! XDD
saya sih bangga jd orang Indonesia 🙂
kasian amat tu orang..ckckck *prihatin*

utakutik wrote on Jun 11, ’11

wah…ternyata bisa buat berpetualang macam beginian juga ya dunia fandom…wkwkwk. Power of fangirl! Untung tu si maman berkeliaran di dunia maia makanya bs kelacak terus. Dulu pas forum Larco di-hack orang susah bgt nyariin pelakunya, susah urusan ama hacker punya dendam kesumat.

 maiyuya wrote on Jun 11, ’11

Dina
Gw ga tau sih gimana ceritanya si maman bisa jd admin..Tapi emang dia rajin update sih..Yg disayangkan kenapa pake ngaku2 tinggal di korea? Ga penting abis..

Utik
Skrg mah lebih gampang ngelacak faker..Dulu pas masih blom jaman FB/twitter, susah deh ngelacak ginian..Soalnya dulu ada juga yg ngaku2 tinggal di jepang, nerima pesenan CD, trus dibawa kabur uangnya..Parah abis..
Eh forum Larco yg mana yg dihack? Si hacker bilang apa, kok ada dendam?

kizunaworld wrote on Jun 11, ’11

ee, wlo ga gitu ngikutin, kebetulan aja iseng2 zuna baca gr2 tweetnya ad di timeline zuna 🙂 Zuna suka follow fanbase artis, seru aja baca ttg artis 🙂

utakutik wrote on Jun 11, ’11

ih serem bgt tuh penipu PO….untung blm pernah menimpaku. jarang sih aq pesen2…hehehe.

ya forumnya…ilang semua tak bersisa sama sekali. Kejam bgt tu org. Si hacker ga ninggal pesen apa2 sih tp para admin sih bgosip klo itu kerjaan hacker yg sama dg dulu. Jd dulu sempet dihack tp ga parah n bisa dibenerin. Katanya dulu tu org sempet punya masalah pribadi dg org2 forum, tersinggung ato apa gitu gak tau gue.

inkandpaper wrote on Jun 12, ’11

NGAKAK ABIZZZ
seru banget petualangan kalian berburu si maman ini, ga peduli fanbasenya sih gue, tapi gemesnya itu, gue ngerti banget deh. Org2 macem begini ini jadi menjamur krn kurangnya perhatian spt kalian, malah mereka jadi besar kepala dan makin menjadi. Kalo lo-lo pade yg bangga yg stalker khusus faker perhatian gini dan dilacak sampe tuntas, semoga dunia fandom/fanbase bisa aman dan tentram deh

Ktnya di dunia indo-cosplayer juga ada yg kyk gitu tuh, delusional, masalahnya berat ktnya sampe sesepuh cosplayer Indo turun tangan.
Kl dipikir2 emang seru yah yg kyk gini, ayo lacak lagi setz! *cuma bisa jadi penonton*

inkandpaper wrote on Jun 12, ’11

btw, lo bener setz, tinggal di luar negeri, begitu tau ada sesama mahluk dari tanah air, girang banget pengen ketemuan dan kontak2an. Kalo ga mau, tandanya ada yg mencurigakan!!!

blueberrycappucino wrote on Jun 13, ’11

EH GW KETINGGALAN PESTA!! LAH KO GW BARU TAU NIH CERITA MAMAN PINDAHAN DR TWITTER, FB LALU KE MP? HAHA.

well, we win, haha. Tp sygnya not as i expected, pdhl gw udah smgt nazar keliling senayan. Haha.

Gw lbh kasian sm victim2nya. Si mumun (nah lho) yg pinoy 19taon itu (seems legit) malah udah PDKT sgala pan. KASIAN.

Btw,lo tau tak dia blg anak adopsinya tuh KOREAN? FML, IT’S TOTALLY BULLSHT!!

sakuranbochan wrote on Jun 13, ’11

hahaha…kok ada kasus kocak gini ya?baru tw bisa kayak gini…

tapi kalo ga tinggal d korea ngapain ngaku2 ya?itu aja c yg bikin bingung…

secintanya gw ama Jepang juga ga bakal ngaku2 tinggal di Jepang kalo emang ga…hahaha

 maiyuya wrote on Jun 13, ’11

inkandpaper said

Ktnya di dunia indo-cosplayer juga ada yg kyk gitu tuh, delusional, masalahnya berat ktnya sampe sesepuh cosplayer Indo turun tangan.

Wah wah, kayak gimana tuh masalahnya, kok sampe sesepuh turun tangan? Gw dah ga cosplay sih tapi bisa nanti gw tanya ke temen yg masih aktif cosplay..

 maiyuya wrote on Jun 13, ’11

inkandpaper said

btw, lo bener setz, tinggal di luar negeri, begitu tau ada sesama mahluk dari tanah air, girang banget pengen ketemuan dan kontak2an. Kalo ga mau, tandanya ada yg mencurigakan!!!

Iya kaaan? Apalagi orang Indonesia yg tabiatnya suka kumpul2, masa diajakin gathering ga mau..

 maiyuya wrote on Jun 13, ’11

blueberrycappucino said

Gw lbh kasian sm victim2nya. Si mumun (nah lho) yg pinoy 19taon itu (seems legit) malah udah PDKT sgala pan. KASIAN.

Btw,lo tau tak dia blg anak adopsinya tuh KOREAN? FML, IT’S TOTALLY BULLSHT!!

Mumun mah dudul…Masa dia NANYA LANGSUNG ke Momon, “Is Maman real?” Haaahhh yg bener aje neng!!

Hahaha anak adopsi Korean? Korea aja lagi kekurangan bayi, mana mungkin dikasihin ke foreigner, mahasiswa pula..Ckckckc bullshit abis si Maman..

 maiyuya wrote on Jun 13, ’11

sakuranbochan said

tapi kalo ga tinggal d korea ngapain ngaku2 ya?itu aja c yg bikin bingung…

secintanya gw ama Jepang juga ga bakal ngaku2 tinggal di Jepang kalo emang ga…hahaha

Masalahnya, banyak ABG yg kagum banget kalo ada sesama fans indonesia tinggal di jepang/korea..Kan lebih deket ama artis pujaan tuh (pdhl mah ga ngaruh juga), jadi yaa gitu deh banyak orang2 delusional yg membayangkan tinggal di jepang/korea sampe pura2 gitu.

arashihonou wrote on Jun 13, ’11

ky gini mah udah pathological liar, jadi emang sakit
kasihan juga ya

 maiyuya wrote on Jun 13, ’11

Iya,,,,Dipojokin juga ga ngaku loh, malahan ceramah macem2 ttg bullying, rasa iri…WTF ngapain juga iri ama faker =__=

sakuranbochan wrote on Jun 13, ’11

ooooh…iya ya?ga gitu ikut2an fandom yg ampe gede gitu c…paling d multiply gini ato LJ…jadi ga tw kalo ampe bisa ada kasus kayak gini…hahah…^^

inkandpaper wrote on Jun 14, ’11

maiyuya said

Iya,,,,Dipojokin juga ga ngaku loh, malahan ceramah macem2 ttg bullying, rasa iri…WTF ngapain juga iri ama faker =__=

hah? dia kira lu iri terus ngebully dia gitu? wong elo yg beneran tinggal di korea wakakakakakak…. yg hrsnya iri dia kaleeee
atau dia takut lo mau nyulik anak adopsi jadi-jadiannya kali hihihi

 maiyuya wrote on Jun 14, ’11

Nah iya…Ga masuk akal banget kan? Masa dibilangnya kita yg stalking dia itu iri =_=
Terus nulis gini juga, “Orang yg suka ngebully biasanya dulu korban bully juga”
Hahaha mau memprovokasi dia..Tapi ga mempaaann =p

anggila wrote on Jun 15, ’11

sets kok ini sama kaya si miss.hell sih.

maiyuya wrote on Jun 15, ’11

Anggi
Beneran?? Emang si miss hell kayak gini juga ceritanya?
Coba lo ceritain juga..Jangan2 emang sama orangnya..
Tapi yg gw kejar ini ngakunya cowok sih.

anggila wrote on Jun 15, ’11

jd si miss hell punya beberapa akun yg sebenernya ya yg punys si misd hell ini sendiri. dia ngaku punya kaka cowo kuliah d korea dan jepang. dan ternyata kaka2nya ini hayalan semua. terus yg aku ngerasa cerita sets ini miss hell tuh soalnya kaka hayalannya yg tinggal d korea baru meninggal katanya.terus pas identitas dia ama aku n adry mulai ketawan dia bikin akun baru namanya yuri dan dia ngaku2 kuluah di singapore punya temen orang jepang pasangan gt. dan herannya banyak bgt ababil di sini tuh percaya bgt ama dia.mengagung2kan dia gt. pdahal dia mah penipu. bahkan temem deketnya sendiri di kibulin dan uang yg dia tipu lumayan banyak bgt

 maiyuya wrote on Jun 16, ’11

idih sakit jiwa juga tuh miss hell…kok banyak yah orang kayak gini?
ababil indo juga lebay sih….ga ngecek dulu, langsung lebay kalo nemu fans yg tinggal di korea/jepang =___= pdhl yg kuliah di korea/jepang tuh rata2 malah pada ga bisa upadate gara2 kuliahnya sibuk. moga2 oknum2 kayak gitu cepet kena batunya, trus sadar deh…

inkandpaper wrote on Jun 20, ’11

Wah kok pake maen tipu duit segala ya? I mean, kalo cuma delusional sih yah sudahlah, anggap aja gila sendiri, tapi kao udah maen tipu duit kan itu kriminal namanya. Jahat amat.
Iya, kok ternyata BANYAK ya yg kyk gini?????

choasseo wrote on Jun 20, ’11

bener2 dah..koq ada y orng ky gitu,, jd admin fanbase lg
gilllaaaa ngaku2 anak SNU…ke.ke.ke…
klo mnurut aq sich,, orng2 ky g itu OBSESI dah mengalahkan rasionalitasnya…ck.ck.ck…
^^v pisss.pisss…

choasseo wrote on Jun 20, ’11

kemampuan sbg STALKER smakin meningkat aja nih,, eonni ^^ pengaruh tinggal di korea ya..hehehe..

 maiyuya wrote on Jun 25, ’11

Iya…Sekarang mah gw bodo amat deh pada mau ngaku2 tinggal di mana kek, asal jangan nipu duit aja….Kasian korban2nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s