Sama2 Asia tapi kok…

2011.04.03

Okay, akhir2 ini si rumet udah mulai ada perubahan..Minjem apa2 selalu bilang (nggak tau deh kalo gw pas ga ada di kamar), nyetel laptop juga udah mulai terbiasa pake earphone (soalnya kalo pake speaker langsung gw tegur, bodo amat deh :p). Noraknya masih jalan terus sih…seperti tadi malem pas gw pake masker wajah, dia nanya, “Wah itu apaan? Fungsinya apa? Terbuat dari apa?” dan ketika gw selesai pake masker & buka maskernya, dia ngeliatin gw, “Coba liat ada perubahan apa di muka kamu”.

ADUH MBAK!!!! Kalo sekali pake masker langsung jadi kinclong mukanya, klinik2 kulit mana lakuuuuu….Bener2 deh =_=

Trus kemarin sore, dia abis dari pasar beli sayuran, dengan sumringah dia nunjukin 3 tangkai bunga…aduh gw lupa namanya, bunganya itu putih besar & cuma ada pas spring. Dia bilang, “Vie liat deh…cantik ya ini bunga. Tadi aku metik di jalan”. Gw kaget, dan dia bingung liat gw kaget. Gw bilang, “Aduh kita di sini ga boleh metik bunga sembarangan…Nanti kalo kamu ke daerah Yeouido, sepanjang jalan banyak bunga sakura & mawar, kalo metik bisa didenda!”. Gantian dia yang kaget, hahaha…Lagian ngawur banget sih.

Kenorakan2 dia lumayan menghibur sih..walo kadang bikin gw, “errrr…??” juga. Blom lagi kebiasaan dia pake minyak kelapa (yg baunya setengah mati) buat rambut setiap hari. Ternyata emang dunia itu luas… Tapi walopun begitu, ada 1 sifat orang negara dia yg gw ga suka, SUPERIORITAS!! Kalo di dapur, orang2 dari negara dia berisik banget, masak sambil nyetel lagu!! Mending lagu barat yg semua orang tau, ini nyetel lagu negara mereka sendiri!! Dikiranya semua orang tau kali ya? Orang2 di dapur yg notabene berasal dari negara yg beda2, keliatan banget pada BT, tapi ga ada yg negur karena nunggu mereka sadar diri…yg sayangnya ga terjadi. Udah nyetel lagu kenceng, ngobrolnya juga kayak di pasar. Orang2 udah pasang tampang jutek juga ga ngaruh. Dapur serasa daerah kekuasaan mereka.

Temen2 & keluarganya si rumet juga ga kalah superiornya. Di kamar kan cuma ada 1 telepon, dan semua teman & keluarga dia kalo nelpon ga ada sopan2nya kayak nanya, “Can I speak to Parem?” atau apa gitu, malah langsung nyebut nama si Parem. Sialan, gw ga dianggep apa? Udah gitu kadang langsung pada nyerocos pake bahasa mereka pula. Dengerin dulu dong siapa yg ngangkat telpon, dasar pada ga ngerti etika…*oke, tarik napas..jangan emosi*

Terus tadi pagi, rumet nanya ttg harga perawatan kulit di Korea. Gw bilang, “Mahal..kalo pake laser bisa sampe 400 ribu won.”. Trus dia bales, “Maksud kamu 4 lak?” (gw ga tau lak atau apa but it sounds like that). Lah gw bingung, “Lak apaan?”. Dan dia jawab dengan nada seolah2 semua orang tau, “Di negara kami nyebut lak itu kalo nol-nya ada 5 digit”.

MANA GW TAU MONYOOONGGG…!!! Lo kira semua orang bisa bahasa negeri lo? Jadi merasa bego gw…Padahal bukan salah gw kalo ga ngerti lak itu apa. Geblek. Gw cerita ke temen gw, dia juga ikutan sebel. Kok pede banget si rumet, dikiranya orang2 tau banyak ttg negara dia. Pas dia excited streaming nonton cricket kan gw juga bengong, dia kaget pas gw bilang ga tau cricket itu olahraga apaan. Tolong ya…Saya aja ga tau 100% tentang negara sendiri, gimana mau tau ttg negara orang? Kayanya orang Korea juga maklum2 aja deh kalo gw ga tau ttg tradisi mereka.

Dari situ gw mencermati bedanya dengan orang Korea. Temen2 gw yg Korea rata2 pada kaget kalo gw bilang Kpop & Kdrama itu populer di Indonesia, dan kaget kalo gw tau artis Korea atau nama tempat wisata di Korea. Mereka ga nyangka orang luar pada tau banyak. Sementara si rumet (gw ga menggeneralisir soalnya samplenya ga representatif) kaget kalo gw GA TAU olahraga yg populer di negara mereka, atau cara menghitung ala mereka. Kontras abis.

24 Comments

azazeel wrote on Apr 3, ’11

orang mane ? jawaban di PM aja, ngek ngek ngek

maiyuya wrote on Apr 3, ’11

orang dari negara yg filmnya selalu ada joget2 muterin pohon, ngek ngek ngek…

azazeel wrote on Apr 3, ’11

gk takut rumetnya bc nih MP ?

sachikocamui wrote on Apr 3, ’11

Astajim.., kelakuan kaga abis2 XDDD temen2ku yg serumpun ama dia ga ada yg seajaib itu deh, y tp beda jg kali y, temen2ku dr malaysia sih..
Minyak kelapa? Rambut apa penggorengan? LOL
Trus, namanya PAREM gt? Pantes demen minyak *ngakak*

maiyuya wrote on Apr 3, ’11

soni
Makanya pake bahasa lokal, hehe…Dia nggak ikutan jejaring sosial macem FB atau twitter kok…Ga punya blog juga =D

sachi
wahahaha parem itu nickname buat dia soalnya suka pake minyak2an yg baunya mirip parem XDD

kizunaworld wrote on Apr 3, ’11

ADUH MBAK!!!! Kalo sekali pake masker langsung jadi kinclong mukanya, klinik2 kulit mana lakuuuuu….Bener2 deh =_= ====> NGAKAK XDD

Btw setz, ngo2 masalah superioritas, nurut zuna ga cuma negara dia aja, orang Indo kalo ktm ma orang indo apalagi kumpul rame2, ngomongnya uwih besar… dan orang bule jg ad yg bbrp gitu… orang afrika jg….. orang chinese kalo nelpon or ngomong, beh juga XD

maiyuya wrote on Apr 3, ’11

zuna
Hihi iya kan? Masa dengan masker seharga 1000 won (1 USD) bisa bikin muka langsung cerah…
Superioritas di sini bukan cuma sok menguasai ruang publik kayak dapur gitu sih Zun, tapi lebih ke “menganggap diri lebih hebat dari yg lain”…itu kesan yg gw tangkap dari orang2 negara Asia selatan & Afrika =_= Justru orang2 amerika & eropa yg gw kenal gak ada yg kayak gitu

sanqyurian wrote on Apr 3, ’11

kl dr baca2 sih pie, org sn rata2 tingkat index happinesnya tinggi krn mereka bangga bngt sm negaranya. krn bangga, mrk nganggep mereka hebat & org2 lain PASTI tau segala mcm ttg negaranya.wong negaranya (mnrt mereka) bagus kok. Nah, tu pola pikir ada +/- nya. masalahnya lu banyak ngerasain efek – nya dr roomate lu.wkwkwk.nasib 😛

*kabur*

maiyuya wrote on Apr 3, ’11

bener juga sih Tri…tapi apaan efek positifnya buat orang lain? kalo buat dia sih iya jadi nasionalisme meningkat + pede…tapi buat orang lain mah jadi gedeg, hahahaha

sanqyurian wrote on Apr 3, ’11

iye ye..keknya efek +nya buat dia doang.hahaha.

mereun kl lu perlu data ttg negara dia, tinggal tanya aja g usah nyari2.+ pan tuh? *maksa*

sakuranbochan wrote on Apr 4, ’11

Ahaha..kejadian hidupmu belakangan ini penuh warna y.. XD

azazeel wrote on Apr 5, ’11

jngn cm bhs lokal piuw.. tmbhin bhasa alay… biyar ancur tuh gogle tren seletenya

utakutik wrote on Apr 6, ’11

ya ambil hikmahnya aja…..meningkatkan nasionalisme diri sendiri…hahahaha!

btw, emang orang korea ga nyadar bikin hallyu wave ya?
kirain orang2 korea familiar dg negara kita ini dan negara2 tetangganya juga.

choasseo wrote on Apr 24, ’11

ahahahaha~~~ klo ngomongin soal lagu negara mrk… d indo lg polpuler slh satu lgu yg gini “chayya..chayya..chayya~~~”
hihihi eonni sabar yahh,, tahan napas aja klo dy pake minyak klapa,,, ^^v

maiyuya wrote on Apr 26, ’11

Soni
Huahaha kalo ditambah bahasa alay nanti malah eike yg pusing…

Utik
Orang korea banyak kok yg gatau Indonesia itu dimana..Malah banyak yg ngira Indonesia itu sama ama India!! gila ga tuh…kalo soal hallyu mereka taunya invasi ke Jepang, Cina, Thailand dan sekitarnya. Mereka ga tau kpop di Indonesia juga terkenal

choasseo
LOL chayya chayya lagunya siapa? Kok bs terkenal?

choasseo wrote on Apr 29, ’11

hahaha~~~ itu lagu nya shahruk khan,, lg populeer d indonesia krn Briptu Norman nyanyi d Utube n “katanya” ditonton ma bnyk org,, trus jd terkenal deh tuh polisi gr2 tv-tv sring bgt bahas ttg dy~~ yah skrg dah jd artis dadakan gitu ^

maiyuya wrote on Apr 29, ’11

huahaha aduh makin aneh2 aja fenomena di indonesia…tp gapapa lah daripada rakyat pada stres

utakutik wrote on May 5, ’11

hooo….jadi mereka itu ngira kepulauan kita yg segede gaban di asia itu sbg negara apa?? Hindia Belanda? pada blajar geografi ga seh. hadeeeh….
jangan2 dikiranya Bali tu negara *kebodohan klasik*

klo temenku yg di malay dikiranya di indonesia ga ada gedung megah bertingkat -_______-

maiyuya wrote on May 12, ’11

haha…nyatanya banyak juga kok orang2 asing yg ngira BALI itu negara T___T
kayaknya negara kita emang kurang promosi

utakutik wrote on May 20, ’11

udah kok…udah promosi sbg negara yg ga aman.
emang brita indo yg bredar di korea biasanya tentang apa sih? kpn kemaren itu shiwon sampe ngetwitt, kyaknya soal pnangkapan teroris.

maiyuya wrote on May 20, ’11

berita ttg indonesia di korea waktu itu liat yg ttg G20 sih..hah siwon ngetwit kyk gitu? pake bhs inggris?

choasseo wrote on May 21, ’11

siwon bacanya koran internasional sichhh ^^.. (jd nogomongin siwon sihh?!? ^^v)
o iya eonni,, brita pesawat jatuh sampe korea gak? (loh jd kmana2 nih obrolannya)

maiyuya wrote on May 21, ’11

hahaha gw hampir ga pernah nonton TV, jadinya ga tau tu ada berita pesawat jatuh…

utakutik wrote on May 22, ’11

siwon sih cuma ngetwitt standar like hope our fans will be fine tp ga ngeh jg itu mbahas apaan bhubung ind lg rame pristiwa…hehehe…apalagi skg ditambahi rame kongres pssi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s