Kampus baru, major baru, temen baru, semua baru…

Yuhu…Sudah lama tak menulis di MP

Hmm kali ini gw pengen cerita ttg suasana baru & orang2 baru di sekitar gw. Kan gw skrg kuliah S2 lagi nih, beda jurusan ama sebelumnya. Nah di kampus gw yg dulu kan khusus cewek tuh, tiap hari liat cewek, cewek dan cewek…Kelamaan di situ bisa gila lama2 (gara2 saingan modis2an atau gara2 ga pernah liat cowok)
. Kampus gw yg sekarang, cowoknya melimpah!! Ke manapun mata memandang, dimana2 ada cowok, hehehe~ Apalagi skrg autumn, banyak yg pake coat, tambah keliatan cakep2 aja deh cowok Korea
Kampus oke, tapi gw jadi teramat sibuk setelah kuliah di sini. Tiap hari masuk lab jam 9 pagi, pulang jam 9 malem..Bukannya sok rajin, tapi emang dikasih kerjaan banyaaaakk banget. Kadang2 malah gak kelar tuh jam 9 malem, akhirnya numpuk sampe harus masuk lab pas weekend juga =_=. Di lab gw, studentnya cuma 2 (harusnya 3, tapi yg 1 lagi cuti melahirkan), makanya repot bener dah…Gw ga tau kenapa profesor gw ga cari mahasiswa lagi, at least kan bisa ngurangin beban kerja..
Dibandingkan lab lain, lab gw termasuk yg paling strict & highly demanding. Temen2 gw sesama mahasiswa S2 di lab lain blom dikasih megang data, tapi mahasiswa lab gw udah disuruh jalanin eksperimen sendiri, bahkan disuruh mikirin metode penelitian atau improvement! Anak S2 di lab lain blom pernah presentasi hasil penelitian, sementara di lab gw udah disuruh presentasi. Bahkan kami udah disuruh mulai nulis paper buat jurnal internasional, padahal di lab lain anak S3 aja blom tentu disuruh cepet2 nulis paper internasional.
Tapi yaaah~ Lain lab, lain kebijakan.. Untung temen2 di lab gw asik2, jadinya kita susah senang bersama. Lab gw membernya cuma dikit, mahasiswa 3, researcher 2. Pdhl di lab lain bisa sampe 15 member. Untuk edisi kali ini (?) gw perkenalkan orang2nya dulu, biar nanti kalo baca MP gw ga bingung (siapa juga yg mau baca =_=). Nama2nya gw kasih inisial aja yaaa (ngikutin stylenya Zuna, hehe)
Lab mate 1, mbak AP
Mbak AP ini lebih tua 7 tahun dari gw, orang Indonesia, PNS, udah punya anak & suami. Orangnya baik & sabar, tapi juga perasa. Gampang stres kalo si prof udah nuntut macem2 (kayak gw nggak aja XD). Gampang nangis juga kalo dijahatin ama si prof. Tiap hari rajin menelpon anak & suaminya (what a good mom, smentara gw nelpon rumah sebulan sekali aja blom tentu). Mbak AP pas semester pertama blom masuk lab, tapi belajar bhs Korea intensif di kota lain (emang kebijakan dari kampus), makanya prof ngira bahasa Koreanya dah bagus. Sering banget deh si prof bilang ke gw, "Tuh belajar ama AP-onni". Padahal sebenernya level bahasa Korea kami sama aja, sama2 dudul maksudnya, wakakaka…Tapi mbak AP bisa menyembunyikan kebengongannya selama meeting ama prof. Nah gw? Kalo gw ga paham, keliatan bgt di muka gw kayak gini nih
Lab mate 2, BC-onni
Dia orang Mongol. Sampe skrg gw blom pernah ketemu dia, soalnya dia cuti setahun buat melahirkan & ngurus anak. Menurut oppa2 di lab, BC-onni orangnya ngeyel & sampe bikin prof gw nyerah..Wuih hebaatt!! Dia ga mempan digalakin ama prof. Next semester dia masuk lab lagi, jd penasaran gw kayak gimana orangnya..
Researcher 1, JI-oppa
Cowok super pinter dari Thailand. Dia masuk univ umur 15, sempet kerja beberapa tahun sebelum masuk S2, lulus S3 umur 27, dan skrg jadi team leader di lab gw. Dia satu2nya team leader foreigner..Di lab lain, semua team leadernya orang Korea. Tapi seperti yg kita tau, orang pinter biasanya aneh. Di balik keseriusannya saat jelasin prosedur penelitian, konsep, dsb sampe gw puyeng & malah ga fokus, JI-oppa sangatlah update soal K-drama & J-drama, komik & anime. Bahkan dia pernah bahas dengan berapi2 tentang ending salah satu drama yg bikin dia geregetan gara2 endingnya jelek, wkwkwkwk…Kalo lagi makan siang bareng2 lab member yg lain, dia lebih suka diem & dengerin orang ngomong, tapi kalo topiknya menarik, dia bisa ngomong panjang lebar & gak bisa dipotong!! Bener2 dah…
Sebenernya tipikal dia itu serius, makanya kalo kami nanya sesuatu, jawabannya scientific & logis banget. Tapi suatu ketika, gw ama mbak AP pernah kecele pas kita bahas kosmetik Korea. Dia bilang, "Gw suka Laneige, soalnya.."
Kami sudah berharap dia bakal bilang kandungan bahan kimianya bagus, atau ga pake pengawet, apa lah yg scientific, eh dia bilang, "Gw suka Laneige soalnya…modelnya cantik".
Jiaaaahhh…
. Dan dia ngomong gitu dengan ekspresi lurus tak berubah!! Dia pernah juga ngomong, "Gw suka Kim Tae Hee (aktris Korea), cantik banget tuh cewek." tapi nadanya kayak lagi presentasi project XDDD Ajaib lah pokoknya, dan terutama sih orangnya baik banget! Ga kebayang deh nasib gw & mbak AP kalo dia tiba2 resign…
Researcher 2, CS-oppa
Ini beneran oppa, cowok Korea. Awal ketemu dia, gw ketipuuu…Tampangnya jutek, ternyata orangnya kocak banget. Hobinya ikutan sogeting (blind date) soalnya dia blom punya cewek. Tapi sampe skrg gagal mulu, kayanya sih selera dia ketinggian..Padahal umur dah 29 & udah disuruh2 emaknya untuk nikah^^. Dia jago banget niruin logat JI-oppa kalo lagi ngomong bahasa negerinya, wakaka…Skrg dia lagi belajar niruin logat indonesia (penting abis hahaha). Kata2 Indonesia pertama yg dia pelajari adalah "Aku tampan"
.
Si oppa ini suka ribet, potong rambut (yg ternyata kependekan) aja dibahaaass mulu. Kalo lagi makan, dia sering cerita2 soal jaman2 dia ikut army. Dari mulai disuruh nangkep babi lah (plus meragain ekspresi si babi pas ditangkep, LOL), keluar army serasa ketinggalan jaman lah, sampe rencana dia menghindarkan anaknya dari army =_=. Si oppa ini rumahnya merangkap restoran, jadinya tiap weekend dia bantu2 ibunya di restoran (hooo..good boy~). Satu hal yg geblek, dia selalu manggil mbak AP dengan panggilan "ajumma", katanya mbak AP mengingatkan pada ibunya, wkwk…Dia cukup deket ama mbak AP & kalo mereka udah becanda geblek parah dah..gw cuma bisa ngakak doang. Cocok tuh jadi pasangan duet pelawak.
Sang profesor
Inilah sumber segala stres kami…(tarik napas panjang, jangan dikeluarin). Si prof ini dah terkenal reputasinya sbg prof paling

kejam
strict. Reaksi pertama temen2 kampus (bahkan dosen2) pas tau beliau itu pembimbing gw adalah, "WOW?? REALLY? Hmm…okay…" (sambil tampang shock & iba melihat gw). Si prof umurnya 59, lulusan univ nomer 1 di Korea, dan udah belasan tahun berkarir di Amrik, Kanada & ga tau deh dimana lagi…Beliau selalu mengharapkan (red: menuntut) mahasiswanya untuk agresif dlm hal riset. Lah gw sih mikirnya gimana mau agresif, ngerti aja blom, hahaha…Dulu kabarnya ada 3 mahasiswa Korea yg cuma bertahan 2 bulan, trus drop out gara2 ga tahan ama tekanan kerja yg diberikan ama si prof..Parah kan O_o. Makanya gw salut ama JI-oppa yg udah kerja 7 tahun buat dia, orang bilang, "Kalo bukan si JI, orang lain gak akan tahan ama si prof". Tapi katanya sih skrg si prof udah jauh lebih lunak dibanding dulu. Dulu katanya kalo dia ga puas ama presentasi mahasiswanya, dia bisa gebrak meja sambil marahin tu mahasiswa pake suara kenceng. Tapi menurut gw sih sampe skrg masih galak tuh. Gw inget banget pernah dibilang slow progress, lazy approach, no effort, etc etc. Mbak AP juga pernah dibilang slow progress, no effort & scientific backgroundnya meragukan (gubraaaak)..Padahal kalo si prof bandingin ama lab lain, ya ampun jaooooh banget progress mahasiswanya lebih lambat dibanding kami~!! makanya sebel banget gw kalo dah dibilang slow progress..Tapi omongan beliau yg paling menyebalkan itu adalah pas gw & mba AP nyaris ga dikasih izin buat sholat ied..dibilangnya harus pisahin kegiatan agama & kerjaan. Laaaah???? Diktator abis pokoknya. Tiap Senin weekly meeting serasa teror bagi kami. Minggu malem udah terasa depresinya, haha… Tapi anehnya, di luar kerjaan, beliau baik banget. Pas Chusok (thanksgivingnya Korea) kmaren, beliau ngajak gw & mbak AP makan siang bareng, bahkan ditraktir nonton bioskop. Tapi yah gitu, kalo udah menyangkut kerjaan, dia bisa jadi mahluk paling kejam…
Oke, segitu dulu yak. Skrg kebayang kan gimana gw harus memenuhi segala tuntutan untuk jadi researcher yg sesuai harapan sang prof? Ini aja gw masih sering ga sempet belajar gara2 kesibukan di lab (dan kemalasan belajar di dorm), huhu..Doakan saya biar bisa survive untuk 2 tahun ini ya!!
Semangaaatt!!
23 thoughts on “Kampus baru, major baru, temen baru, semua baru…

  1. gw s2 lagi cid, soalnya beda jurusan..
    sebenernya bisa sih langsung s3, tapi gw ga ada pengalaman ngelab
    jadinya kuatir ga bisa ngikutin gitu… ^^

    yooosh mari sama2 berjuang!!!

  2. SETZZZZ pas zuna baca ini… entah ngebayangin macem drama Galileo or Voice gitu!! > U < Seru banget kehidupanmu (seru u/ dijadiin macem drama mksdnya =P). Sugoi ❤ Org2nya pada unik2. si mbak AP bnr2 sosok ibu yang baik ya 🙂 dan salut buat dia yang uda belajar korean di sela2 kesibukannya jadi istri dan ibu. tuh members lab mu bener2 beda2 personaliti, unik ❤

  3. mantap bgt Vie kisahmu bersama org2 terdekatmu sekarang…
    tp profesormu musti diberi pengertian soal idealisme.. haha
    org maniak kerja emg gtu yah.. utgnya di luar kerjaan dia baik..
    sm kayak boss gw juga si.. ^^

    syukurlah nampaknya masih bisa dinikmati hari2mu S2 di sana..
    yg penting jgn dibawa stress ya Vie, nikmati belajarnya dan pulang dgn sukses!!!

  4. Sachi
    Kok ngakak?? XDD hehehe thanks ya..Sachi mo ganbatte!!

    Zuna
    Hihihi iya karena mereka unik2 makanya gw tulis..Kadang2 suka takjub sendiri^^
    Mbak AP skrg udah kayak neechan gw deh, seneng punya neechan hehehe…

    Mimiko
    Hmm kayanya orang sekuler kayak prof gw susah deh diberi pengertian soal agama T_T
    Makanya gw cuma berani memperjuangkan solat idul fitri doang yg setahun sekali ^^;
    Stres sih pasti Mi XD Tapi gimana ngakalinnya aja, amiiin amin smoga pulang nanti bisa berkarya di Indonesia *cieh…*

  5. waaaaa~~~ onni keren bgd ceritanya ^^
    smangat y onni,, klo peneltiannya dah kluar d journal,, kabarin ya (jjjiaahh sok kepinteran gw hehehe)
    o y salamin bwt temen2 lab nya onn..

  6. wooghh~ mantap banget ceritanya :3
    jadi bener2 kerasa banget ‘susahnya’

    tapi itu orang2 disana banyak yang lucu2 juga XDD
    aaa~ pengen belajar diluar juga, pengen ketemu macem2 orang…

    semoga sukses ya kuliah nya setz XDD saya mendoakan selalu XD

Leave a Reply

