Ribetnya online community.. T__T

Baru 3 hari ngga ngunjungin
EDEN, tau2 ada "kerusuhan" pasca mundurnya Debbie-chan, sang mods T___T

Awalnya karena Debbie membuat postingan resignnya itu nggak bisa di-reply, trus dia nunjuk seseorang (yang pada nggak kenal atau nggak tau siapa usernamenya) sebagai mods pengganti. Rupanya ada yang nggak suka, trus orang ini bikin posting yang isinya agak harsh menurut gw, walopun ada juga pertanyaan dia yang wajar (misalnya kenapa Debbie ngga ngebolehin member ngereply postingan terakhirnya dia, trus kenapa Debbie ngga ngasih link ke LJnya mods yang baru). Hal itu bikin dia bertanya2 dan tercetuslah komen yang harsh tentang mods yang baru… "Who the hell is Tomo-chan, we don’t even know her… I think we need the members to choose the mods within members who is active in here". Si pemrotes juga ngomel di LJnya (yang awalnya anonymous) tentang betapa nepotismenya pemilihan mods di EDEN.

Waahh….

Kaget juga baca postingannya. Dia ngerti "common rules" di online community nggak sih?

Setau gw nih…*hasil berforum dan bermilis selama kurang lebih 6 tahun*

1. Owner (admin) berhak menunjuk siapapun jadi mods, soalnya kan dia yang bikin community itu. Admin udah pasti punya penilaian sendiri terhadap mods yg dipilih, unsur KKN juga sah2 aja dipake asalkan yang dipilih nanti tetap menjalankan tugas dengan baik.

2. Member berhak mengajukan diri jadi mods, tapi keputusan akhir tetap di tangan admin. Nggak semua admin mau melempar polling, karena kadang polling nggak menyelesaikan masalah.

3. Mods nggak harus aktif posting info and stuffs, yang penting dia bisa menjaga agar komunitas dan isinya berjalan dengan baik, misalnya negur atau memfilter postingan yang dianggap melanggar rules. Ini gw ngalamin sendiri di Forum JPopMusic. Mods jarang banget posting, tapi dia segera tau kalo ada masalah. Mods harus memantau forumnya secara konsisten.

4. Tiap komunitas punya rules sendiri. Rules di forum A mungkin beda jauh dengan forum B. Admin forum A mungkin bolehin one liner, belom tentu admin forum B bolehin hal yang sama. Dan orang yang berminat join komunitas harus bersedia mengikuti rules yang berlaku. Kalo kata anak2 LJ, "If you don’t like the rules, just leave!" *memang terdengar kejam tapi begitulah dunia online fandom, kawan*. Nggak heran kalo lebih banyak yang milih stay individual dibanding ikutan komunitas. The choice is yours

Sebenernya masih banyak lagi, tapi gw rasa 4 point di atas udah cukup mewakili general rules yang berlaku *bilang aja males ngetik XD*. Masalah detail lain seperti hotlinking, credit, bashing dll gw rasa udah lebih banyak yang tau daripada gw *yaiyalaahh*

Ijou, now let’s continue fangirling


Gw nggak sabar liat Yasu di Yasuko to Kenji beradu akting (lagi) dengan suamiku di Eito yang selalu terlihat mabushii… I love you Tacchon my sweetheart…

*Yuya ngambek di pojokan*

Image Hosted by ImageShack.us

Oh iya, si Debbie resign gara2 banyak member yang insulting, nyebelin & maunya selalu diturutin…Ya ampun, semoga dia nggak jadi sebel ama Eito gara2 kelakuan fans2 aneh kayak gini…

20 thoughts on “Ribetnya online community.. T__T

  1. hahah dibahas lagi kah?

    i have enough with those harsh things @ eden and wherever eito places…

    btw, k vie, sono balik ke tegoshi!
    kasian sendirian tuh dipojokan *kasih kue ke tegoshi*

    tego! jangan bikin ladang jamur di rumah orang dunk! XDDD

  2. Abisnya gw sebel Ruth 😦
    Tu orang yg protes kayak mau mecah belah anak2 EDEN…
    Gw buka LJnya juga ga ada isinya, cuma 2 postingan yang isinya jelek2in Debbie…
    Kapan fans JE mau maju kalo masalah kecil kayak gini digede2in? T^T

    *ambil Yuya di pojokan*
    *naro Yuya di sebelah Tacchon*
    *emangnya mereka boneka?? XDD*

  3. hooo.. ini toh kerisuhan yg terjadi
    wah.. emg berat ya ikutan forum..
    makanya gw cuma aktif di atu aja ga mw bnyk2
    cape juga, itu pun jd member aja..
    toh fandom yg gw jalanin skrg gw pilih bukan untuk membuat hidup gw susah
    kasian ntar emak bapak gw kalo anaknya susah.. hehe
    salahin tego!! *tego ngambek cr erohime lain*

    smoga tabah dan sabar ya menghadapi hal spt itu
    ttp berpandangan positif!! yeay!! XD
    dan tetep cinta tego *tarik tego dr erohime lain*

  4. iya… gw juga kesel.. tapi unik aja ngeliyat mereka debat begitu.
    sebenernya gw menikmati asal itu bukan di eden dan mengganggu ketenangan eden karna jujur aja selama 2 harian gag ada berita sama sekali k vie!!!!

    2 hari!!!!!

    setres gw… isinya tuh entry dan reply an gag jelas semua!

    hiksss…

    *dorong tegoshi ke kursi di sebelah tacchon sambil sodorin permen*

  5. Hooh Ruth, gw mao posting reply di EDEN juga rada2 takut, takut ada yg salah paham lagi u__u
    Makanya ntuh postingan gw ampe gw baca berkali2 sebelum dipost…
    Tapi gw ngakak liat ada yg posting poto Eito pake baju samba & Pramuka XDDD
    NAJESSSS lucuuuu banget XDD

    Setuju Mi, berforum ga usah dibuat susah… ^o^
    Kalo dah gerah mending ga usah ikutan…

    *Setz-Ruth-Mimi ngawasin Yuya & Tacchon yg lagi makan permen*
    *lo kira balita!! *digampar Yuya & Tacchon*

  6. Fans JE kayanya semuanya aneh2 deh XD
    FANDOM IS SCARY~

    Gw sih ikutan komunitas dan forum ini itu biar dapet akses untuk dapetin yg gw mau XD dengan sesekali feed back semampunya dan sesempatnya juga XD buat bersenang2 deh pokoknya, bukan mau berdebat dan berantem… Ga penting…

    Btw, gw penasaran dan buka Eden XD dan liat postingan ntu sih… Aneh kalo kata gw mah, protes soal gituan… Dan gw inget icon si Debbie (yg Debbie is a NEWS and 8 fan) pernah ada di JE Secrets, kayanya ada yg ga suka ama dia… (ga jelas kenapa… gw cuma liat sekilas, tp inget banget ama icon itu XD)

    Ah emang suka gitu ya, ga asik… Si watchful21 juga perna digituin di JE Secrets XD

  7. Aya
    Ada anak dari fandom J-rock yg komen, "oh..I think this kind of thing only happens in J-rock community.."
    Berarti JE fans makin keterlaluan T^T

    Sama Ay, gw juga ikut forum buat dapetin info & DLan, terserah siapa aja yg maintain asalkan gw bisa dapetin yg gw mau & ngikutin rules…

    Gw pernah denger sih soal watchful21 dijelek2in di JE Secrets, tapi gw ga buka JE Secrets ^^
    Pernah buka sekali langsung sakit ati XDD

    Gw juga pernah ngalamin Ay.. Gara2 pas baru masuk NeX langsung ekstrim update2 info Tego & NEWS… Ada yg ngerasa kesaing, trus jelek2in & manas2in beberapa orang utk benci gw…Tapi tuh orang kabarnya sekarang malah pindah ke fandom Korea… CAPE DEEEEHH…

  8. Wakakaka~ JE Secrets… Gw penasaran trus liat lagi knp si Debie digituin, ternyata kata dia gara2 dia adalah NEWS fan… Intinya dia jadi menghina fans NEWS juga… Gw mah ngakak, segitunya boo~ Ada2 aja… Kalo si Watchful21 digituin gara2 si Watchful 21 itu itu kalo posting sehari bisa beberapa… (suka2 dia dong yak, knp harus repot? Toh diuntungkan jg kan ama postingan apdet2 kaya gitu…) Gyaaa~ I don’t understand…

    Kasus lo sama kaya si Watchful21 berarti XD Kayanya kok dari dulu fandom2an emang sering bermasalah yak, wakakaka… Kocak… Berantem gara2 gitu dan bahkan Eito, NEWS, etc ga peduli… Apalagi si kakek… Hehhh~

  9. Hwakaka…Ternyata kasusnya si watchful kayak gitu toh…Ck ck ck, padahal yg untung kan fans juga. Gw pernah liat orang yg ngomel karena F-pagenya cepet banget nambah gara2 ada yg sehari bisa beberapa kali posting. Kalo alesannya supaya ga menuh2in F-page mah mending sekalian delete aja dari F-list yak, aneh…
    Moga2 kagak ada lagi deh berantem2 ga penting kaya gini…

  10. @k vie: *buang bungkus permen bekas tego dan takkun trus beresin meja*

    eh iya tuh…
    orang2 ‘bermanfaat’ emang suka bnayk yang sirik k vie… XDDD

    gw sebenernya dulu pernah tuh sirik ma seseorang *lirik 2 aya*
    tapi ya gag pernah ngejelekin di depan umum *berarti kalu sembunyi2 pernah dunk?!>> di geplak aya XDDD*

    tapi semenjak itu gw jadi menemukan jalan lain yang lebih indah…
    *kita udah damai kan yha ay XDDD*

    ahhh!!!
    udah damaiiii!!!!

    gw senng eden kembali ramai!!!

    tapi kayaknya ada perusuh lagi yhak?

    gw belum baca…

    males takut liyat dl an…
    pengen cepet dl tapi bisa nya ntar malem T T

    jangan kotori eden lagi!!!

  11. Yaelah Ruthy~ meuni pake diungkit sagala yeuh…
    Yesterday is history… so keep on moving *ga nyambung*
    Mending dengerin Canon in D Major aja yuk ^___^

  12. Hihihi, dasar si Ruthyyy… XD
    Huwaaa gw kmaren nggak OL, jadinya blom tau perkembangan di EDEN, haduuuhh…
    Jangan sampe gw jadi sebel ama Eito gara2 fans2 yg aneh kayak gini nih…

    Yesterday is history,
    tomorrow is mystery,
    but today is a gift…
    *peluk Po panda*

  13. K’vieeee….
    yg nex, i think i know that person..heu3
    *halah..sok2 pk eigo..nilai un aja jelek..hehe*

    tp org itu bkn yha..hehe..

    ngeri jga yha..
    mdh2n cpt baik2 aja tuh..
    hehe

  14. Ruth
    Canon in D major teh laguna saha nya’?
    *sok nyunda*

    Umi
    Kayaknya bukan cuma "dia" doang Mi…
    Wakakak…Too many weirdos in this life *termasuk gw mungkin, eh jangan deh XD*

  15. Ruth
    Dare dare?? *Keichan abake 2005 mode on*
    Ga tau Ruth, takutnya "orang itu" yang gw mangsud beda ama "orang itu" yang elo mangsud XDD

    Ahhhhh Eito Day!! Happy Eito Day!!
    *gw nyebutnya Eito Day, sama kayak Remioromen Day tanggal 9 Maret XD*

  16. maiyuya said: Ga tau Ruth, takutnya "orang itu" yang gw mangsud beda ama "orang itu" yang elo mangsud

    iya kali yha…
    takutnya beda… XDDD

    happy muganDAY!!!
    wish eito and eighters all the best <333

    you say aku seperti baby,
    ohhh eito… cinlau… aku padamu

Leave a Reply

